Return reksadana pendapatan tetap paling moncer



JAKARTA. Kinerja reksadana pendapatan tetap paling moncer ketimbang jenis lainnya secara year to date (ytd) hingga 5 Mei 2017. Meski melemah sepekan terakhir, indeks reksadana pendapatan tetap seperti yang tercermin dalam pergerakan Infovesta Fixed Income Fund Index (IRDPT) mencapai 4,38%.

Sementara, indeks reksadana saham dalam Infovesta Equity Fund Index (IRDSH) baru sekitar 3,41%. Lalu, indeks reksadana campuran seperti yang terlihat dalam Infovesta Balanced Fund Index (IRDCP) sebesar 3,86%.

Di posisi terendah terdapat indeks reksadana pasar uang seperti dalam Infovesta Money Market Fund Index (IRDPU) dengan kenaikan 1,68%.

Senior Research Analyst Infovesta Utama Viliawati menuturkan, pendapatan tetap menjadi satu-satunya jenis reksadana yang bisa mengalahkan indeks acuannya.

Infovesta mencatat, dari 221 produk reksadana pendapatan tetap, terhitung 143 atau 64,7% produk berhasil mencatatkan return lebih tinggi dibanding indeks acuannya.

Bahkan, terdapat 14 produk yang kinerjanya di atas 7% atau dua kali lipat dari kinerja indeks acuannya yaitu IRDPT yang hanya naik sebesar 3,61%. "Namun masih ada sekitar dua produk yang mencatatkan kinerja negatif di periode yang sama," papar Viliawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini