KONTAN.CO.ID - Sistem transaksi jalan tol di Tanah Air saat ini masih tertinggal ketimbang negara lain padahal Indonesia telah memiliki jalanan tanpa hambatan ini lebih dari tiga dekade. Transformasi pelayanan jalan tol yang segera menjadi non tunai dalam 31 0ktober 2017 diharapkan bisa ditingkatkan lebih baik ke depannya. Guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali menyatakan, kemacetan jalan tol Jabodetabek diperkirakan mencapai Rp 100 triliun-Rp 150 triliun per tahun. Menurutnya hal ini yang harus segera diatasi pemerintah. Ia melihat penerapan transaksi non tunai yang akan dilakukan di Tanah Air bisa cukup mengurangi kemacetan antrean pada gerbang tol. Namun menurutnya hal itu saja belum cukup untuk mengurangi kepadatan mobil di jalan yang harusnya bebas hambatan ini.
Rhenald Kasali: Terapkan dynamic pricing jalan tol
KONTAN.CO.ID - Sistem transaksi jalan tol di Tanah Air saat ini masih tertinggal ketimbang negara lain padahal Indonesia telah memiliki jalanan tanpa hambatan ini lebih dari tiga dekade. Transformasi pelayanan jalan tol yang segera menjadi non tunai dalam 31 0ktober 2017 diharapkan bisa ditingkatkan lebih baik ke depannya. Guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali menyatakan, kemacetan jalan tol Jabodetabek diperkirakan mencapai Rp 100 triliun-Rp 150 triliun per tahun. Menurutnya hal ini yang harus segera diatasi pemerintah. Ia melihat penerapan transaksi non tunai yang akan dilakukan di Tanah Air bisa cukup mengurangi kemacetan antrean pada gerbang tol. Namun menurutnya hal itu saja belum cukup untuk mengurangi kepadatan mobil di jalan yang harusnya bebas hambatan ini.