Ricky Putra Globalindo (RICY) masih fokus garap pasar domestik



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ricky Putra Globalindo Tbk (RICY) menyatakan tahun ini manajemen fokus menggarap pasar domestik. Sebab sejauh ini, penjualan ke pasar domestik kontribusinya mencapai 80%, sedangkan ekspor hanya 20%. 

Direktur Ricky Putra Globalindo Tirta Heru Citra mengatakan, peluang untuk pasar dalam negeri cukup baik. Apalagi dengan merek GT Man manajemen mengaku menguasai pangsa pasar cukup baik sebagai market leader.

Misalnya untuk produk underwear merk GT Man menjadi pemimpin pasar dengan penguasaan 42%, sedangkan produk under shirt menguasai 25% pasar domestik, disusul dengan GT Kids yang menggenggam 24% penguasaan pasar.


"Sekarang ini perang dagang sudah mulai, bagi kami ya tentu harus kencengin pasar domestik. Jadi perang dagang belum terasa, kami kan punya brand dan distribusi yang cukup baik," ujarnya di Jakarta, Rabu (19/6).

Namun efek perang dagang tersebut ada kemungkinan pasar domestik dimasuki oleh produk impor. Oleh karena itu, dirinya bersiap untuk memoles kinerja pasar domestik dengan serangkaian varian produk baru yang relevan dengan kebutuhan pasar.

"Kemungkinan barang impor masuk ada saja, tetapi kami masih survive karena punya brand dan distribusi. Jadi efek perang dagang ke kami belum terasa sampai sekarang sih," lanjutnya.

Selain segmen tekstil dan garmen, Ricky Putra Globalindo juga memiliki anak usaha di sektor distribusi yang tersebar dari barat hingga timur Indonesia. Totalnya manajemen memiliki 9 cabang distribusi yakni dua di Sumaera, 4 di Jawa dan Bali dan 3 di Kalimantan dan Sulawesi.?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli