KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI), Agen Pemegang Merek (APM) truk dan bus Mercedes-Benz di Indonesia berupaya memperkuat kontribusi penjualannya di sektor industri logistik. Faustina, Head of Product Management and Marketing DCVI menyampaikan, saat ini kontribusi penjualan truk DCVI untuk sektor logistik masih di bawah 50%. “Kami mau dalam 5 tahun ke depan kontribusinya bisa 50:50 dibandingkan dengan truk yang dijual ke segmen lainnya,” ujar dia dalam diskusi media, Senin (11/4).
DCVI mengaku bahwa pasar truk untuk industri logistik sangat besar di Indonesia. Hal ini sejalan dengan industri logistik yang terus berkembang. Tingkat persaingannya juga cukup ketat mengingat banyaknya APM truk lain yang berkecimpung di sektor tersebut.
Baca Juga: Daimler Truck Raih Penjualan 520.291 Unit Kendaraan Komersial pada 2022 Maka dari itu, DCVI berusaha untuk menjual truk yang memiliki harga yang kompetitif dan efisien dari segi biaya operasional. DCVI juga memastikan untuk terus melakukan pengembangan produk secara berkelanjutan demi menjawab kebutuhan pasar. “Salah satu cara kami untuk masuk ke pasar logistik adalah mereka (pelanggan) harus coba dulu produk kami,” tukas dia. DCVI pun menghadirkan produk baru Mercedes-Benz Axor M-Cab untuk mendukung industri logistik. Truk ini merupakan pengembangan dari Mercedes-Benz Axor Euro 4 yang dirilis pada tengah tahun 2022. Produk ini hadir masih dengan teknologi yang sama seperti pendahulunya, namun dengan penambahan dimensi pada kabin pengemudi dan juga fasilitas-fasilitas baru untuk mendukung kenyamanan pengemudi. Axor M-Cab ini masih ditenagai dengan mesin yang sama OM 906 LA dan dilengkapi dengan Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD Pump) yang merupakan kombinasi yang cocok untuk dioperasikan di Indonesia. Kombinasi dua teknologi ini memberikan waktu operasi (uptime) yang tinggi dengan interval perawatan yang lebih panjang hingga 50.000 km, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan emisi yang lebih bersih. Perbedaan Axor M-Cab dengan pendahulunya ada pada panjang dimensinya. Kabin tractor-head mendapatkan penambahan dimensi di belakang kursi supir. Mercedes-Benz Axor M-Cab hadir dengan ruang istirahat yang lebih luas, sehingga pengendara dapat lebih mudah dan nyaman ketika beristirahat. Selain ranjang, di belakang kursi sopir memiliki dimensi lebih luas. Kursi penumpang juga dapat dilipat sehingga pengemudi dapat berbaring melintang dari kursi penumpang hingga kursi sopir.
Baca Juga: Daimler Commercial Vehicles Catatkan Peningkatan Penjualan Truk 100% hingga Juni 2022 Produk ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan tambahan yang lebih besar di bawah ranjang dan di bawah kursi penumpang. Pada kursi penumpang, unit baru ini juga menambahkan footrest yang dapat dilipat. Penambahan ini merupakan fasilitas terbaru bagi operator yang menginginkan truk ini dikendarai oleh dua orang. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Yudho Winarto