Rilis Program NextMillionJobs, Jobstrett by SEEK Targetkan 1 Juta Lowongan Baru



KONTAN.CO.ID - JAKARTA - Dalam upayanya mendukung visi Indonesia Emas 2045, Jobstreet by SEEK meluncurkan gerakan #NextMillionJobs yang bertujuan menciptakan satu juta lowongan kerja baru di seluruh Indonesia. Gerakan ini sejalan dengan cita-cita menjadikan Indonesia sebagai negara maju dengan pendapatan per kapita setara negara maju dan keluar dari Middle Income Trap (MIT).

Menurut Sawitri, Country Head of Marketing Indonesia Jobstreet by SEEK, platform ini menggunakan teknologi AI kelas dunia untuk mempermudah pencari kerja dalam menemukan peluang yang sesuai dengan keterampilan dan minat mereka. AI memproses sinyal dari profil pengguna, perilaku browsing, dan preferensi untuk memberikan rekomendasi pekerjaan yang relevan melalui email atau notifikasi aplikasi.

Selain itu, Jobstreet by SEEK memastikan keamanan data pengguna dengan mengintegrasikan teknologi AI dengan tim Trust and Safety untuk memverifikasi legitimasi perusahaan yang memasang iklan lowongan. Kandidat juga dapat melihat badge verifikasi pada iklan untuk memastikan keabsahan perusahaan.


Baca Juga: Ini 3 Value yang Jadi Kelebihan Jobstreet Express

Sawitri menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak, termasuk perusahaan besar dan kecil, untuk membuka lebih banyak lowongan kerja. Gerakan ini juga fokus pada pengembangan di luar Pulau Jawa, untuk mengatasi ketimpangan pekerjaan antara Jawa dan luar Jawa.

"Melalui gerakan ini kami berharap setiap perusahaan dapat menambah satu atau lebih lowongan pekerjaan melalui platform kami, untuk memperluas kesempatan kerja di seluruh Indonesia," ujar Sawitri saat peluncuran #NextMillionJobs, di Jakarta, Selasa (17/9).

Selain itu, Untuk mencapai 1,5 juta lapangan pekerjaan dengan cepat, Jobstreet menyediakan layanan iklan lowongan kerja secara gratis untuk daerah di luar Pulau Jawa. 

"Saat ini, tersedia fasilitas iklan bebas biaya, bisa gratis dan tanpa batas. Bisa pasang berapa pun lowongan pekerjaan, asalkan ada di luar Jawa. Perusahaannya bisa di luar atau di dalam Jawa, tetapi lowongannya harus untuk luar Jawa," ungkapnya.

Baca Juga: Jobstreet by SEEK Hadirkan Jobstreet Campus Ambassador, Wadah Pengembangan Mahasiswa

Sementara itu, Varun Mehta, COO, Jobstreet by SEEK mengatakan SEEK berkomitmen untuk mendukung pasar kerja Indonesia melalui platform online Jobstreet by SEEK dan kantor kami di 7 kota di Indonesia. SEEK juga telah berinvestasi dalam teknologi AI yang mempermudah pencarian kerja yang relevan dan membantu proses perekrutan yang efisien. 

Menurutnya Indonesia diproyeksikan sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara dengan lebih dari 280 juta penduduk, yang didominasi dengan lebih dari 69% kelompok usia produktif, memiliki potensi besar dalam menyediakan tenaga kerja profesional untuk kebutuhan nasional maupun global. 

"Melalui gerakan ini kami bertujuan menciptakan satu juta peluang kerja baru dalam setahun, untuk itu kami menyediakan satu juta iklan lowongan gratis, serta berkolaborasi dengan pemerintah dan sektor swasta untuk mempercepat penyerapan tenaga kerja, meningkatkan peluang kerja, dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045," pungkasnya.

Selanjutnya: Asing Terus Masuk Bursa, Cermati 10 Saham Net Buy Terbesar pada Selasa (17/9)

Menarik Dibaca: Promo Beli Tiket Konser Secret Number, Diskon 50% pakai BCA!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih