Riset Kantar: Konsumsi konsumen di luar rumah didominasi produk minuman



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konsumsi produk siap santap di luar rumah di Indonesia saat ini didominasi oleh produk minuman. Produk siap minum, air mineral, teh siap saji, minuman isotonik lainnya menjadi salah satu produk yang paling banyak diminati.

Hal ini mengacu survei Kantar Worldpanel Indonesia yang menunjukkan bahwa konsumen memilih produk konsumsi di luar rumah dengan produk pelepas dahaga dan rasa lapar. Bahkan beberapa produk, pertumbuhanya mencapai tiga kali lipat.

Venu Madhav, GM Kantar Worldpanel Indonesia menyampaikan, gaya hidup urban membuat banyak konsumen Indonesia menghabiskan waktu lebih banyak di luar rumah. Hal ini membuat konsumen lebih banyak makan di luar rumah, hal ini terjadi merata di semua kelompok konsumen.


"Berbeda dengan pembelian untuk konsumsi di dalam rumah, yang lebih terencana. Konsumsi di luar rumah umumnya cenderung lebih impulsif," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (16/1).

Fanny Murhayati, New Business Development Director Kantar Worldpanel Indonesia mengatakan, produsen di sektor fast moving consumer goods (FMCG) berkompetisi di beberapa kategori berbeda. Kompetisi produk minuman serta kategori biskuit, cokelat dan makanan siap saji lainnya.

"Hampir semua konsumen di perkotaan besar di Indonesia pernah mengkonsumsi produk siap saji. Sehingga para pemain FMCG harus berlomba untuk meningkatkan frekuensi belanja, dengan memenangkan momen dan kesempatan," tambahnya.

Berbeda dengan konsumen di Eropa dan Amerika yang lebih memilih kopi sebagai pilihan utama konsumsi di luar rumah. Di Asia, termasuk Indonesia air mineral dan produk teh menjadi pilihan utama konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini