KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kondisi pandemi serta perkembangan era digital saat ini membuat masyarakat semakin fasih untuk berbelanja
online. Hampir setiap masyarakat, baik tua maupun muda, perempuan atau laki-laki, sudah memiliki
e-commerce yang layaknya menjadi “kantong ajaib” di
smartphone masing-masing. Namun, stigma berbelanja pada masyarakat selalu diidentikkan sebagai hobi yang dilakukan oleh kaum perempuan. Apakah dengan adanya kemudahan berbelanja di era digital saat ini masih menjadikan kaum hawa sebagai konsumen yang mendominasi tren belanja
online? Faktanya berdasarkan riset Perilaku Konsumen
E-commerce Indonesia yang diluncurkan Kredivo dan Katadata Insight Center pada Juni 2022, menunjukkan bahwa sepanjang 2021, laki-laki ternyata lebih mendominasi transaksi
e-commerce di Indonesia.
Baca Juga: E-Commerce Tak Bisa Hanya Andalkan Diskon untuk Bisa Tumbuh Riset yang memanfaatkan data primer dengan 16 juta sampel transaksi pembayaran yang berasal dari 1,5 juta sampel pengguna Kredivo di 5
e-commerce terbesar di Indonesia selama 2021 tersebut, menunjukkan bahwa proporsi jumlah transaksi yang dilakukan oleh laki-laki mencapai 62%, sementara perempuan hanya berada di angka 38%. Selain itu, secara total nilai transaksi pun, konsumen laki-laki juga mendominasi di angka 64%, berbeda signifikan jika dibandingkan dengan nilai transaksi perempuan yang hanya mencapai 36%.
VP Marketing & Communications Kredivo, Indina Andamari mengungkapkan, berdasarkan hasil riset perusahaan bersama Katadata Insight Center, konsumen laki-laki yang lebih mendominasi transaksi di
e-commerce daripada perempuan menjadi tren yang terus berlanjut dari 2020 lalu, dengan angka persentase yang mengalami peningkatan. Sedangkan dari sisi kategori produk yang dibeli oleh konsumen laki-laki juga mengalami perubahan antara tahun ini dengan tahun sebelumnya. Selain karena
e-commerce yang sudah semakin menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat, kehadiran berbagai metode pembayaran digital seperti Paylater juga semakin memberikan kemudahan untuk membentuk kebiasaan berbelanja
online. "Sebagai pelaku industri pembayaran kredit digital, kami menyambut baik tren tersebut dan melihat hal ini sebagai sinyal positif terhadap inklusivitas akses layanan digital yang semakin aksesibel,” kata Indina dalam siaran pers, Rabu (6/7). Tren laki-laki yang mendominasi transaksi
e-commerce juga tidak hanya terlihat di Indonesia. Di Amerika Serikat, konsumen laki-laki juga lebih sering berbelanja
online baik dalam kurun waktu harian maupun mingguan, sementara itu konsumen perempuan cenderung berbelanja antara satu dan empat kali dalam sebulan. Selain itu, lebih banyak konsumen laki-laki yang menyatakan bahwa pengeluaran belanja mereka meningkat selama kuartal I/2021 (32% di Walmart.com, dan 38% di Amazon), jika dibandingkan dengan konsumen perempuan (22% di Walmart.com, dan 22% di Amazon). Dari sisi produk, konsumen laki-laki di Amerika Serikat juga mendominasi perempuan dalam peningkatan pembelian di kategori alat kebersihan dengan 40% laki-laki dan 33% perempuan, serta kategori vitamin dan suplemen diet, dengan 31% konsumen laki-laki dan 24% perempuan. Hal tersebut juga menandakan bahwa kebiasaan berbelanja
online tidak terpaku pada gender dan tidak lagi identik dengan kaum hawa. Lebih lanjut, selain laki-laki yang masih terus mendominasi transaksi di
e-commerce, berikut beberapa temuan menarik lainnya terkait perilaku belanja
online berdasarkan
gender dari riset Perilaku Konsumen
E-commerce Indonesia 2022, seperti:
Baca Juga: Bisnis Digital di Era Kapitalisme Informasional Sepanjang 2021, konsumen perempuan membeli lebih banyak produk melalui
e-commerce, dengan rata-rata pembelian 45 produk bila dibandingkan dengan konsumen laki-laki yang membeli rata-rata 42 produk per tahun Saat melakukan transaksi, konsumen laki-laki mengeluarkan uang dengan jumlah yang lebih besar daripada konsumen perempuan. Rata-rata jumlah uang yang dikeluarkan oleh konsumen laki-laki berada pada Rp 320.982 dan rata-rata konsumen perempuan di Rp 289.163 Sebanyak 57% konsumen perempuan cenderung memilih untuk berbelanja melalui 1 platform
e-commerce, sedangkan konsumen laki-laki cenderung berimbang atau lebih dari 1 dalam memilih platform
e-commerce Berdasarkan preferensinya, konsumen laki-laki melakukan transaksi hampir dua kali lebih banyak untuk kategori otomotif dan elektronik, sementara perempuan lebih banyak untuk kebutuhan makanan, kesehatan dan kecantikan, serta fashion Untuk konsumen laki-laki kategori produk favorit berdasarkan jumlah transaksi yaitu, pulsa dan voucher menduduki posisi pertama, diikuti oleh fashion dan aksesorisnya, dilanjutkan oleh kesehatan dan kecantikan. Sedangkan untuk konsumen perempuan, produk fashion dan aksesoris berada di posisi pertama, kemudian produk pulsa dan voucher, serta produk kesehatan dan kecantikan Konsumen perempuan menghabiskan sekitar Rp 2.892.039 untuk kategori produk komputer, gadget dan aksesorisnya. Sedangkan konsumen laki-laki menghabiskan sekitar Rp 2.108.342 untuk kategori produk yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa pandemi telah memicu adanya investasi dari konsumen perempuan akan produk-produk yang mendukung produktivitas di rumah
Baca Juga: Bea Meterai E-Commerce Belum Diputuskan Seiring dengan kemudahan akses serta ekosistem digital yang semakin mendukung, tren belanja
online melalui
e-commerce akan terus menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia dan diprediksi akan terus meningkat, dengan jumlah transaksi e-commerce Indonesia di 2025 yang akan mencapai US$137,5 miliar atau Rp 2,406 triliun. “Pertumbuhan industri
e-commerce akan berjalan beriringan dengan industri pembayaran digital, seperti Paylater. Ke depannya, Kredivo sebagai platform kredit digital akan terus berinovasi menjadi solusi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat di tengah rendahnya penetrasi layanan kredit di Indonesia sebagai metode pembayaran yang mudah diakses, aman dan terjangkau,” tutup Indina. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Handoyo .