Riset sebut ketimpangan vaksinasi global bisa rampas ekonomi hingga US$ 9,2 triliun



KONTAN.CO.ID - LONDON. Sinyal perlambatan pemulihan ekonomi global mulai terlihat. Mengutip Bloomberg pada Jumat (5/2), hal ini terjadi karena keterlambatan vaksinasi Covid-19 di negara miskin.

Riset International Chamber of Commer menyimpulkan alokasi suntikan yang tidak merata ini dapat merampas ekonomi dunia hingga US$ 9,2 triliun. Penelitian serupa oleh Rand Corporation memperkirakan biaya tahunan yang diperlukan bisa mencapai US$ 1,2 triliun.

“Pertumbuhan global tahun ini bisa jadi kurang dari setengah perkiraan Bank Dunia yang sebesar 4% jika distribusi vaksin tidak bergerak cepat,” kata Kepala Ekonom Carmen Reinhart.

Baca Juga: Joe Biden tegaskan ke Putin era AS tunduk ke Rusia telah berakhir

Perhitungan tersebut menempatkan negara-negara kaya di bawah tekanan yang semakin intensif untuk membagikan stok vaksin mereka kepada negara yang lebih miskin. Meskipun masyarakat lokal mungkin tidak mendukung sumbangan itu. Namun, tanda-tandanya menunjukkan penimbunan yang sedang berlangsung.

Negara-negara Eropa sudah berselisih tentang akses ke vaksin, sama seperti mereka memperebutkan alat pelindung diri setahun yang lalu. Akses vaksin itu merupakan program yang bertujuan untuk memungkinkan akses ke vaksin kekurangan dana oleh negara-negara ekonomi terbesar.

Sementara itu, studi yang disponsori oleh Kamar Dagang Internasional dan ditulis oleh akademisi dari Koc University dan University of Maryland memperhitungkan 49% dari biaya ekonomi dari pandemi dunia yang masih ada akan ditanggung oleh negara-negara maju bahkan jika mereka menikmati vaksinasi total.

Hampir setengah dari responden dalam survei eksekutif oleh Oxford Economics Ltd. melihat aktivitas dalam bisnis mereka tetap di bawah tingkat pra-pandemi sepanjang tahun 2021. Sedangkan empat dari lima responden menandai gelombang pandemi berulang sebagai risiko yang signifikan atau sangat signifikan dalam jangka menengah.

Baca Juga: Taiwan menyalahkan China atas keputusan Guyana membatalkan kesepakatan

Negara-negara berkembang dan berkembang rentan terhadap negara-negara kaya yang menimbun dosis mereka karena sistem kesehatan mereka yang rapuh tertekan di bawah beban infeksi yang meningkat. Negara miskin juga kekurangan sumber daya untuk menghasilkan dan mendistribusikan vaksin secara cepat. Selain itu, dan investasi asing akan mengalir ke negara yang lebih aman.

Editor: Tendi Mahadi