KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Riset Snapcart terkait perilaku belanja online masyarakat selama bulan Ramadan menunjukkan 77% konsumen di Indonesia mengaku Shopee merupakan merek yang paling diingat atau menjadi
top of mind saat ingin berbelanja kebutuhan keluarga maupun individu. Posisi Shopee diikuti Tokopedia 18% dan Lazada 4%. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen adalah Bukalapak, Blibli, dan JD.ID Sebagai informasi, Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama tiga bulan terakhir. Di dalamnya meliputi bulan Ramadan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri. Riset tersebut dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1000 responden dari usia 20-35 tahun, yang tersebar di berbagai area di Indonesia.
Baca Juga: Ada Momen Ramadan dan Lebaran, JNE Catat Kenaikan Volume Pengiriman Astrid Wiliandry, Direktur Snapcart Indonesia mengatakan, di bulan suci Ramadan, situs belanja online semakin diminati dan menarik perhatian masyarakat. Di antara tiga pemain
e-commerce, Shopee terlihat paling aktif dalam memperkuat posisinya melalui berbagai program yang dihadirkan, seperti iklan, acara TV, live stream, video, promo, dan kolaborasi lainnya. “Hal ini menjadi salah satu alas an kuat yang menjadikan Shopee unggul dalam penilaian merek yang paling diingat selama bulan Ramadan dengan persentase yang cukup signifikan,” kata dia dalam siaran pers, Kamis (26/5). Dari survei tersebut, terdapat tiga program yang paling diminati oleh responden. Shopee Big Ramadan Sale merupakan program yang paling diminati dimana 88% responden mengaku turut berbelanja dan memanfaatkan promo serta hiburan yang dihadirkan Shopee, diikuti dengan 41% belanja di Tokopedia Ramadan Ekstra, 19% berbelanja di Lazada Ramadan Festival, dan 3% tidak menyebut.
Baca Juga: Pembayaran Digital Melesat, Peredaran Uang Kartal Naik 23,2% Jadi Rp 1.039,1 Triliun Tren perilaku belanja online juga dapat diamati melalui pilihan produk paling banyak dibeli selama Ramadan 2022. Riset Snapcart menunjukkan, fashion dan aksesoris tetap menempati posisi paling tinggi 68%, diikuti sebanyak 49% responden membeli produk-produk makanan dan minuman untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari untuk sahur dan berbuka selama Ramadan. “Kemudian sebanyak 45% responden membeli produk kosmetik dan perawatan, sedangkan 31% responden lainnya mengaku membeli peralatan rumah tangga. “Ini sesuai dengan budaya Indonesia, Ramadan dan Lebaran identik dengan memakai baju baru. Produk fashion dan aksesoris pun menjadi peringkat nomor satu,” tambah Astrid. Di samping itu, data juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia tidak hanya memanfaatkan platform belanja online atau
e-commerce untuk memenuhi kebutuhan harian atau pendukung dengan keuntungan terbaik.
Baca Juga: BI Catat Transaksi Digital Banking Tembus Rp 5.338,4 Triliun di April 2022 “Melalui survei ini terlihat bahwa Shopee unggul khususnya dalam hal Membantu Kebutuhan Ramadan, Banyak Fitur, Inovasi & Games serta Sering Promo Ramadan. Hal inilah yang membuat kuatnya nilai saing Shopee khususnya selama bulan Ramadan,” sambung Astrid. Astrid menekankan, dari banyak indikator pada riset dengan metode online yang dilakukan Shopee, Shopee dinyatakan sebagai peringkat pertama saat dibandingkan dengan
e-commerce lainnya. “Dengan tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap belanja online, tren pertumbuhan yang terus berkembang serta pertarungan antar pemain
e-commerce sangat menarik untuk diamati kelanjutannya pada tahun ini,” tutup dia. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Wahyu T.Rahmawati