JAKARTA. Honda Mobilio, kendaraan multi guna bawah (low MPV) berhasil melipat gandakan pangsa pasarnya tahun ini. Hal tersebut memicu perang harga dengan Toyota di Indonesia. Kondisi ini menggambarkan situasi terakhir persaingan pasar otomotif di pasar domestik Indonesia dari para prinsipal global. Toyota dan saudara sekandung, Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah lama menikmati lebih dari 50% pangsa pasar di Indonesia, di mana total kepemilikan mobil masih kurang dari 4% dari total polulasi, yakni 250 juta jiwa. Pasar mobil di Tanah Air terus meningkat dengan membesarnya kalangan menengah yang hijrah dari pengguna roda dua ke kendaraan roda empat. Hal tersebut merupakan kunci bagi para prinsipal global yang menghadapi perlambatan pasar di Amerika Serikat dan Eropa. Lebih dari satu dekade, Toyota dan Daihatsu menjadi dua merek yang menawarkan MPV "people mover", yang sangat populer di kalangan keluarga Indonesia. Bahkan beberapa upaya tandingan yang dilakukan General Motors atau Nissan Motor menggoyang kekokohan kedua merek ini.
Rivalitas Honda dan Toyota memuncak
JAKARTA. Honda Mobilio, kendaraan multi guna bawah (low MPV) berhasil melipat gandakan pangsa pasarnya tahun ini. Hal tersebut memicu perang harga dengan Toyota di Indonesia. Kondisi ini menggambarkan situasi terakhir persaingan pasar otomotif di pasar domestik Indonesia dari para prinsipal global. Toyota dan saudara sekandung, Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah lama menikmati lebih dari 50% pangsa pasar di Indonesia, di mana total kepemilikan mobil masih kurang dari 4% dari total polulasi, yakni 250 juta jiwa. Pasar mobil di Tanah Air terus meningkat dengan membesarnya kalangan menengah yang hijrah dari pengguna roda dua ke kendaraan roda empat. Hal tersebut merupakan kunci bagi para prinsipal global yang menghadapi perlambatan pasar di Amerika Serikat dan Eropa. Lebih dari satu dekade, Toyota dan Daihatsu menjadi dua merek yang menawarkan MPV "people mover", yang sangat populer di kalangan keluarga Indonesia. Bahkan beberapa upaya tandingan yang dilakukan General Motors atau Nissan Motor menggoyang kekokohan kedua merek ini.