Roadshow dari Sekolah ke Sekolah, Kampanyekan SalingJaga di Tiktok



MOMSMONEY.ID - Tiktok bersama Sejiwa Foundation meluncurkan program school roadshow bertajuk "Seru Berkreasi dan #SalingJaga di Tiktok".

Inisiatif ini bertujuan mendukung kreativitas remaja sekaligus memastikan keamanan mereka di dunia digital melalui edukasi di enam sekolah menengah atas di Jabodetabek selama Oktober dan November 2024.

Program ini didasarkan pada fakta bahwa remaja adalah pengguna internet terbesar kedua di Indonesia dan mayoritas menggunakan media sosial. Dengan semakin aktif di dunia digital, mereka juga rentan terhadap risiko keamanan.


Riset Sejiwa Foundation dan Western Sydney University menunjukkan bahwa remaja ingin mendapatkan bimbingan untuk merasa aman di ruang digital.

Baca Juga: Apa Resolusi Video TikTok Agar Tidak Pecah? Ini Cara Upload HD dan Formatnya

"Menciptakan lingkungan digital yang aman bagi remaja untuk berkreasi membutuhkan upaya kolektif. Di Tiktok, kami berkomitmen menyediakan wadah yang aman bagi pengguna, termasuk remaja, melalui kebijakan, fitur keamanan, dan program edukasi," ujar Anggini Setiawan, Communications Director, Tiktok Indonesia.

Program "Seru Berkreasi dan #SalingJaga di Tiktok" merupakan salah satu perwujudan komitmen ini.

Diena Haryana, Founder Sejiwa Foundation, menyatakan bahwa usia remaja memerlukan pendampingan dalam menghadapi tantangan di platform digital.

"Upaya proaktif seperti program roadshow sekolah ini diharapkan mendorong keterlibatan orang tua untuk membantu remaja berkreasi dengan bijak dan merasa aman," ujarnya.

Program ini akan mengunjungi enam sekolah di Jabodetabek, seperti SMAN 53 Jakarta dan SMA Labschool Cibubur. TikTok akan mengajak kreator inspiratif seperti Lianna Nathania dan Ghina Eroz untuk berbagi cerita kreatif mereka di Tiktok, serta mengajak siswa untuk sadar pentingnya keamanan digital.

Baca Juga: Jurus TikTok Tangkal Hoaks Jelang Pilkada 2024

Sesi untuk orang tua akan memberikan panduan tentang mendampingi perjalanan digital anak remaja dan memanfaatkan fitur Pelibatan Keluarga.

Halimah, kreator di Tiktok, menekankan pentingnya peran orang tua. "Usia remaja adalah masa penuh eksplorasi. Orang tua perlu menerapkan kebebasan dalam batasan agar anak mau terbuka dan berkomunikasi dengan sehat," ujarnya.

Lianna Nathania, kreator muda Tiktok, juga menegaskan bahwa generasi muda, khususnya di usia remaja, masih butuh bimbingan dan pendampingan untuk melindungi dirinya di dunia digital.

Program school roadshow ini merupakan bagian dari kampanye #SalingJaga yang diluncurkan sejak September 2023 untuk mengingatkan semua orang untuk saling menjaga dari konten negatif, misinformasi, dan konten yang tidak nyaman.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman Seru Berkreasi dan #SalingJaga di Tiktok, serta Panduan Bagi Orang Tua dan Wali dan Pusat Keamanan Remaja.

Selanjutnya: Waspada IHSG Turun Sejenak Hari Ini (18/10) Setelah Reli Lima Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha