RSUD Konawe, Sulawesi Tenggara, Jadi Kebanggaan Masyarakat



KONTAN.CO.ID - KONAWE. Raut wajah Hasna tampak sedikit lelah. Perempuan berusia 60 tahun ini duduk di kursi roda depan menunggu panggilan untuk konsultasi pasca operasi di bagian Poli Ortopedi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe, Sulawesi Tenggara.

Di temani sang anak, Hasna bercerita saat KONTAN menyapa untuk berbincang singkat. "Saya habis operasi, kaki bagian paha saya patah setelah jatuh di kamar mandi," tuturnya.

Keberadaan fasilitas kesehatan yang terjangkau dan mudah diakses sangat dibutuhkan masyarakat untuk memeriksakan kesehatan atau tindakan medis lainnya. Warga yang tinggal di Desa Kedona, Kabupaten Konawe ini sebelumnya berobat di beberapa rumah sakit di sekitar tempat tinggalnya.


Baca Juga: Infrastruktur Kesehatan Dipacu, Agar Tak Tumbang Jika Ada Pandemi Baru

Berhubung tidak ada dokter spesialis dan keterbatasan alat, maka dirujuk ke RSUD Konawe untuk mendapat penanganan lebih lanjut. "Alhamdulillah, pelayanan di RSUD Konawe sangat baik, dokter dan peralatannya lengkap," tuturnya.

Hasna bilang, selama berobat di RSUD Konawe tidak dipungut biaya apapun lantaran semuanya diklaim BPJS Kesehatan. Sebelumnya, ia mengaku cukup lama bisa mendapatkan kamar untuk menjalani tindakan operasi yang akhirnya batal. 

Beruntung, pihak Puskesmas Unaha menyarankan dan merujuk ke RSUD Konawe. "Di rumah sakit sebelumnya, belum dapat kamar sampai sekarang. Dari dokternya kasih tahun belum dapat kamar buat operasi," aku Hasna.  

Baca Juga: Inilah Transformasi Sistem Kesehatan Di Era Jokowi Untuk Layanan Kesehatan Masyarakat

Pengalaman serupa dialami Prapti, yang datang ke RSUD Konawe untuk berobat bagi dua anaknya yang sakit. Wanita berusia 35 tahunan yang tinggal di SPB Langgauna ini memang sering memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan di RSUD Konawe setelah mendapat rujukan dari puskesmas setempat.

"Ini anak saya dua duanya sakit batuk," ujarnya.

Menurut dia, RSUD Konawe memang menjadi salah satu rumah sakit andalan bagi masyarakat di Konawe dan sekitarnya. Aksesnya cukup dekat, dokter dan peralatan medisnya cukup lengkap, sehingga banyak warga yang terbantu dengan kehadiran RSUD Konawe.

Baca Juga: Terapkan ESG, Emiten Rumah Sakit Swasta Kelola Limbah Medis & Pakai Listrik Surya

"Sebelum ada RSUD Konawe, kalau dapat rujukan ke rumah sakit harus ke Kendari, kan lumayan juga jaraknya. Sekarang, lebih dekat dengan adanya RSUD Konawe," aku Prapti.

Setali tiga uang. Saefullah, tampak tengah menunggu obat di bagian pengambilan obat setelah berkonsultasi dengan dokter ortopedi untuk kelainan tulang pada bagian kaki akibat terjatuh.

"Pelayanan di RSUD Konawe sudah bagus, tapi harus terus ditingkatkan lagi. RSUD Konawe ini menjadi rumah sakit kebangaan bagi warga Konawe," bebernya.

Baca Juga: Melihat Rapor Program Perumahan Jokowi

Saefullah bilang, tak hanya warga Kabupaten Konawe yang memanfaatkan RSUD Konawe untuk memeriksakan kesehatan, tapi masyarakat dari Konawe Selatan dan Konawe Utara.

"Jadi rumah sakit rujukan regional karena dokter dan peralatan medisnya terbilang lengkap," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli