Ruas Tol Semarang - Ungaran Siap Operasi Awal 2010



JAKARTA. Direktur Utama PT Trans Marga Jateng Agus Suharjanto menuturkan, proyek jalan tol Semarang-Solo seksi 1 yang terbentang dari Semarang ke Ungaran bisa mulai beroperasi awal tahun 2010.Seksi 1 diharapkan bisa beroperasi tahun depan," ujarnya di Jakarta, Jumat (11/12).
Adapun untuk seksi 2, ia targetkan pembangunan konstruksinya bisa dimulai segera setelah seksi 1 mulai operasional. Untuk pembangunan konstruksi seksi 1, duit yang dibutuhkan senilai Rp 1 triliun.Besarnya kebutuhan konstruksi untuk seksi 1 tersebut karena kontur daerahnya yang berbukit-bukit dan berlembah sehingga konstruksi bangunannya banyak yang membutuhkan jembatan.
Proyek pembangunan jalan tol Semarang Solo terbagi menjadi lima seksi. Seksi 1 adalah dari Semarang ke Ungaran, lalu Ungaran-Bawen (seksi 2), Bawen-Salatiga (seksi 3), Salatiga-Boyolali (seksi 4), dan Boyolali-Kartasura (seksi 5).
Pembangunan dimulai dari seksi 1, di mana sejauh ini pembebasan lahannya sudah hampir selesai. "Saat ini sudah mulai tahap konstruksi dengan progress sekitar 30%," ujarnya.
Sedangkan untuk seksi 2 saat ini sudah mulai dirintis pembebasan tanahnya. Kemajuannya baru sekitar 31%. "Sisanya masih dalam proses, kami harap upaya pendekatan ke masyarakat oleh pemerintah daerah bisa membantu agar progress bisa lebih cepat dan tercapai," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor: Syamsul Azhar