KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang tahun 2019, perusahaan kosmetik PT Martina Berto Tbk (MBTO) mampu menekan rugi tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk hingga 41,33%. MBTO membukan rugi hingga Rp 66,95 miliar sepanjang tahun. Menipis dari rugi tahun 2018 yang mencapai Rp 114,13 miliar. Kerugian Martha Tilaar Group itu bisa ditekan karena terjadi peningkatan pada penjualan bersihnya. Di tahun 2019, MBTO mengantongi penjualan bersih mencapai Rp 537,57 miliar, naik 6,97% dari tahun sebelumnya Rp 502,52 miliar. Penjualan tersebut sudah dikurangi dengan diskon dan retur penjualan. Kenaikan penjualan MBTO didorong oleh penjualan kosmetik hingga Rp 441,1 miliar atau setara 82,05% dari total penjualan. Meskipun mendominasi penjualan, kenaikan penjualan paling signifikan justru dicatatkan oleh segmen penjualan lain-lain yang tumbuh 11,84% yoy menjadi Rp 137,45 miliar.
Rugi Martina Berto (MBTO) mengecil 41,33% sepanjang tahun 2019
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang tahun 2019, perusahaan kosmetik PT Martina Berto Tbk (MBTO) mampu menekan rugi tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk hingga 41,33%. MBTO membukan rugi hingga Rp 66,95 miliar sepanjang tahun. Menipis dari rugi tahun 2018 yang mencapai Rp 114,13 miliar. Kerugian Martha Tilaar Group itu bisa ditekan karena terjadi peningkatan pada penjualan bersihnya. Di tahun 2019, MBTO mengantongi penjualan bersih mencapai Rp 537,57 miliar, naik 6,97% dari tahun sebelumnya Rp 502,52 miliar. Penjualan tersebut sudah dikurangi dengan diskon dan retur penjualan. Kenaikan penjualan MBTO didorong oleh penjualan kosmetik hingga Rp 441,1 miliar atau setara 82,05% dari total penjualan. Meskipun mendominasi penjualan, kenaikan penjualan paling signifikan justru dicatatkan oleh segmen penjualan lain-lain yang tumbuh 11,84% yoy menjadi Rp 137,45 miliar.