Rumah BUMN Batam & INALUM-JIEP-Dharma Jaya Dukung UMKM Go Global di Malaysia Expo



KONTAN.CO.ID - Rumah BUMN Batam kembali membawa mitra binaan UMKM ke pasar global, kali ini ratusan produk UMKM dari provinsi Kepulauan Riau hadir dalam ajang Malaysia International Tourism Expo 2024 yang diselenggarakan di Pahang, Kuantan, Malaysia. Bertempat di Sultan Ahmad Shah International Convention Center, kehadiran produk-produk UMKM binaan Rumah BUMN Batam disambut antusias oleh pengunjung dari berbagai macam negara.

CEO Muda Rumah BUMN Batam, Goklas Michael Hernandes Tampubolon, mengatakan bahwa keikutsertaan Rumah BUMN Batam dalam acara berskala internasional ini merupakan wujud dukungan dari Kementerian BUMN melalui Rumah BUMN Batam untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

“Sesuai dengan arahan dari menteri BUMN Republik Indonesia, Bapak Erick Thohir, bahwasanya Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia perlu di dukung bahkan harus dibuat naik kelas. Oleh karena itu, dalam ajang berskala global seperti Malaysia International Tourism Expo 2024 ini Rumah BUMN Batam berkomitmen untuk membawa UMKM Indonesia khususnya Provinsi Kepulauan Riau agar naik kelas dan mendapatkan market di pasar global,” Ujarnya


Sementara itu, CFO Muda Rumah BUMN Batam, Galih Geraldi Primayana, menambahkan komitmen Rumah BUMN Batam untuk selalu memperkenalkan bahkan membuka jalan bagi UMKM di Provinsi Kepulauan Riau kepada pasar global akan dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Sebagai One Stop Solution bagi UMKM yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, Rumah BUMN Batam akan secara konsisten mengembangan kemampuan baik soft skills maupun hard skills pelaku UMKM. Setelah dirasa cukup siap untuk dipasarkan di pasar global, maka kami akan bawa mitra binaan unggulan kami ke market mancanegara melalui kegiatan-kegiatan seperti ini,” tambahnya

Sebagai informasi tambahan, Rumah BUMN Batam dalam mengikuti Malaysia International Expo 2024 mendapat dukungan penuh dari beberapa BUMN dan BUMD seperti PT Inalum, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PT Telkom, & Perumda Dharma Jaya.

Selain memperkenalkan produk UMKM provinsi Kepulauan Riau kepada para pengunjung pameran, Rumah BUMN Batam juga mengikuti sesi Business Matching dengan para ratusan potential buyer yang berasal dari mancanegara seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Uni Emirate Arab, Russia, dan lain sebagainya. Dalam sesi ini, UMKM mitra binaan Rumah BUMN Batam berhasil mendapatkan beberapa potensi kontrak bisnis dengan calon pembeli mancanegara.

Sekilas Rumah BUMN Batam

Selain pembinaan, Rumah BUMN Batam juga menyediakan akses pembiayaan bagi pelaku UMKM melalui perbankan BUMN yang berada di Kepulauan Riau. Ini merupakan bagian dari upaya memperkuat permodalan UMKM.

Rumah BUMN sendiri didirikan sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan oleh Kementerian BUMN bersama perusahaan milik negara. Tujuannya adalah menjadi rumah bersama untuk berkumpul, belajar, dan membina para pelaku UMKM menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas.

Dengan fokus pada peningkatan kompetensi, akses pemasaran, dan kemudahan akses permodalan, Rumah BUMN diharapkan dapat membantu UMKM Indonesia menjawab tantangan utama dalam pengembangan usaha mereka.

Baca Juga: Rumah BUMN SIG Dukung UMKM Populerkan Sirop Buah Kawista Khas Rembang

Selanjutnya: FIFGROUP Gelar Kembali Program Sahabat FINATRA untuk Mendukung UMKM Indonesia

Menarik Dibaca: Peluncuran Studio Mandarin Jadi Kesempatan Belajar dan Investasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: