Rupiah Beredar Lagi di Atas Rp 15.700 Per Dolar AS, Jumat (16/8) Pagi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah tak bertahan lama di bawah level Rp 15.700 per dolar Amerika Serikat (AS) pekan ini. Dalam dua hari perdagangan beruntun hingga pagi ini, rupiah melemah terhadap dolar AS.

Jumat (16/8) pukul 9.17 WIB, kurs rupiah spot berada di Rp 15.738 per dolar AS. Kurs rupiah spot melemah 0,24% dari penutupan perdagangan kemarin di Rp 15.700 per dolar AS.

Meski melemah hari ini, kurs rupiah masih tercatat menguat dalam sepekan. Penguatan rupiah sepekan mencapai 1,17% dari Rp 15.925 per dolar AS pada Jumat (9/8) lalu.


Salah satu pemberat rupiah adalah surplus perdagangan Indonesia yang menciut pada bulan Juli. Surplus pun mencapai angka terendah dalam 14 bulan terakhir.

Baca Juga: Rupiah Berpotensi Terkoreksi Pada Jumat (16/8), Dibayangi Rilis Data Eksternal

Selain itu, dolar AS pun tengah menguat terhadap mata uang utama dunia. Indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia terus menguat setelah Selasa (18/8) lalu mencatat posisi paling rendah dalam enam bulan terakhir.

Indeks dolar pagi ini berada di 102,97, turun tipis dari posisi kemarin di 102,98. Koreksi tipis ini menjadi peluang penguatan sejumlah mata uang Asia.

Won Korea memimpin penguatan 0,54% terhadap dolar AS. Selain won, penguatan juga terjadi pada yen Jepang, baht Thailand, dolar Singapura, dolar Hong Kong, dan yuan China. Sedangkan peso Filipina, ringgit Malaysia, rupiah, dan dolar Taiwan melemah terhadap the greenback.

Selanjutnya: Anggunnya Menkeu Sri Mulyani Dalam Balutan Kebaya Putih di Sidang Tahunan MPR RI

Menarik Dibaca: IHSG Mencoba Rebound, Naik 0,46% Pada Perdagangan Jumat Pagi (16/8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati