Rupiah diprediksi melemah pada perdagangan Kamis (1/7)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah di perdagangan Rabu (30/6) melemah 0,10% ke level Rp 14.500 per dolar Amerika Serikat (AS) dari level Rp 14.485 per dolar AS. Sedangkan untuk kurs Jisdor melemah 0,32% ke level Rp 14.542 per dolar AS, dari level Rp 14.496 per dolar AS.

Menurut Presiden Komisoner HFX Internasional Berjangka Sutopo Widodo, meningkatnya kekhawatiran varian delta yang menyebar cepat di Asia memicu pelemahan mata uang Asia Tenggara. Hal ini juga terjadi pada rupiah dengan kasus Covid-19 Indonesia yang terus meningkat. “Sebagian besar rival dolar mengalami pelemahan dalam pekan ini, di tengah penguatan dolar AS,” kata Sutopo kepada Kontan.co.id, Rabu (30/6).

Pasar juga dinilai masih akan menunggu laporan dari data non-farm payroll yang akan dirilis pada hari Jumat mendatang. Data yang akan dirilis tersebut juga dinilai akan menguat dibanding bulan sebelumnya.


Baca Juga: Dampak tapering dinilai minim, yield SBN masih berpotensi menuju 6% pada akhir tahun

Akan tetapi, Sutopo menilai bahwa perkembangan vaksinasi yang dilakukan sudah cepat. Apabila vaksinasi dilakukan dengan ketaatan prosedur kesehatan, menurutnya keadaan tidak akan bertambah buruk.

Sutopo menilai rupiah masih akan melemah di perdagangan Kamis (1/7), dengan sentimen tersebut. Dia memperkirakan rupiah akan bergerak di kisaran Rp 14.530 per dolar AS–Rp 14.625 per dolar AS.

Baca Juga: Rupiah Jisdor Rp 14.542 per dolar pada Rabu (30/6), melemah 3,1% di semester I

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati