Rupiah Masih Kuat Rebound pada Kamis (22/6) Pagi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah kembali menguat pada hari ini. Kamis (22/6) pukul 9.39 WIB, kurs rupiah spot menguat ke Rp 14.895 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kurs rupiah menguat 0,38% dari penutupan perdagangan kemarin Rp 14.952 per dolar AS. Strategist Bank of America dalam catatan yang dikutip Bloomberg menyebut, rupiah masih akan menguat dengan dasar outlook fundamental dan kredibilitas Bank Indonesia.

"Melandainya perdagangan komoditas akan diimbangi oleh perbaikan struktural di ekspor produk manufaktur. Kami masih positif terhadap rupiah karena external accounts dan perbaikan di aliran investasi," ungkap strategist Bank of America.


Rupiah kemarin mulai rebound setelah menyentuh level terendah sejak akhir Maret. Kurs rupiah spot berada di Rp 15.005 per dolar AS pada Selasa (20/6).

Baca Juga: Spekulasi Suku Bunga Acuan

Rupiah mencatat penguatan terbesar di kawasan Asia. Penguatan rupiah diikuti oleh won Korea, yen Jepang, peso Filipina, yuan China, dolar Singapura, dan dolar Hong Kong. 

Sementara baht Thailand melemah 0,17% terhadap dolar AS. Ringgit Malaysia juga melemah tipis 0,02% terhadap the greenback.

Di sisi lain, indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia melemah sejak kemarin. Kurs dolar tertekan setelah Gubernur Federal Reserve Jerome Powell kemarin menyatakan bahwa suku bunga acuan AS masih bisa naik untuk menurunkan inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati