Rupiah Melemah ke Rp 15.667 Per Dolar AS pada Kamis Siang, 10 Oktober 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tekanan pada rupiah masih berat pada Kamis (10/10) siang ini. Pukul 11.21 WIB, kurs rupiah spot berada di Rp 15.667 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kurs rupiah spot melemah 0,24% ketimbang penutupan perdagangan kemarin di Rp 15.630 per dolar AS. Dalam sepekan terakhir, kurs rupiah masih melemah 1,57%.

Selain rupiah, pelemahan juga terjadi pada ringgit Malaysia, peso Filipina, won Korea, dan yen Jepang. Mata uang Asia Tenggara lain seperti baht Thailand dan dolar Singapura turut melemah tipis terhadap dolar AS.


Sementara yuan China menguat terhadap the greenback. Selain yuan, penguatan juga terjadi pada rupee India dan dolar Hong Kong.

Baca Juga: Kurs Rupiah Tertekan Menghadapi Dolar AS, Kamis (10/10) Pagi

Indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia siang ini melemah ke 102,86. Kemarin, indeks dolar melambung ke 102,93 dari hari sebelumnya di 102,55.

Rupiah melemah pada hari ini setelah menguat dalam dua hari perdagangan berturut-turut. Myrdal Gunarto, analis Maybank mengatakan bahwa rupiah dan obligasi negara diuntungkan oleh penurunan yield US Treasury dan pelemahan harga minyak di tengah penurunan tensi geopolitik.

"Obligasi Indonesia masih menarik bagi investor global karena selisih yield yang relatif lebar dan latar belakang fundamental ekonomi yang kuat," kata dia seperti dikutip Bloomberg.

Selanjutnya: Ada Hakim Utang Pinjol Untuk Mudik, Pastikan Pilih Pinjol legal & Jauhi yang Ilegal

Menarik Dibaca: BNIdirect Hadirkan Fitur-Fitur Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati