Rupiah Menguat ke Rp 15.319 Per Dolar AS, Kamis (19/9) Saat Mata Uang Asia Melemah



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah bergerak menguat setelah stagnan di perdagangan kemarin. Kamis (19/9) pukul 9.16 WIB, kurs rupiah spot menguat 0,10% ke Rp 15.319 per dolar AS dari penutupan perdagangan kemarin di Rp 15.335 per dolar AS.

Kemarin, Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga acuan 25 basis points (bps). Semalam, Federal Reserve menurunkan suku bunga acuan 50 bps.

Para analis menilai pemangkasan suku bunga BI Rate akan memicu aliran dana asing masuk ke pasar keuangan domestik. Hal ini akan menyokong penguatan rupiah.


Baca Juga: IHSG Menyentuh Rekor 7.898 di Awal Perdagangan Kamis (19/9)

Potensi pelemahan dolar karena dimulainya pemangkasan suku bunga The Fed juga akan menyokong pasar keuangan emerging markets.

"Obligasi negara Indonesia menikmati efek pelemahan nilai tukar dolar AS dan yield US Treasury yang lebih rendah dalam beberapa pekan terakhir. Sekarang ada tambahan keuntungan dari pelonggaran kebijakan moneter domestik," kata Eugene Leow, fixed-income strategist DBS Bank seperti dikutip Bloomberg.

Rupiah menjadi satu-satunya mata uang Asia yang menguat pada pagi ini. Mayoritas mata uang Asia pagi ini justru melemah terhadap the greenback. Yen Jepang memimpin pelemahan 0,90% disusul oleh won Korea, dan ringgit Malaysia.

Selanjutnya: Urus STR Seumur Hidup Di Satusehat.kemkes.go.id, Bidan, Perawat, Dokter Harus Tahu

Menarik Dibaca: Promo Holland Bakery 16-29 September 2024, Voucher GrabFood Diskon 20% Banana Cake

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati