Rupiah Spot Menguat ke Rp 15.125 Per Dolar, Jumat (27/9) Terkerek Aliran Dana Asing



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah menguat jelang akhir pekan. Jumat (27/9), kurs rupiah spot ditutup pada Rp 15.125 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kurs rupiah spot ini menguat 0,26% dari penutupan perdagangan kemarin di Rp 15.165 per dolar AS. Dalam sepekan, kurs rupiah spot menguat 0,16% dari Rp 15.150 per dolar AS pada Jumat (20/9) lalu.

Rupiah menuju penguatan tiga bulan berturut-turut hingga September ini. Penguatan bulanan rupiah menjadi reli paling panjang sejak 2021 di tengah aliran masuk dana asing di aset-aset keuangan Indonesia.


"Pairing USD/IDR masih berpotensi turun jika optimisme atas stimulus China yang juga bisa menurunkan USD/CNH atau USD/CNY," kata analis Maybank Fiona Lim dan Alan Lau dalam catatan yang dikutip Bloomberg.

Baca Juga: Pemerintah akan Lakukan Pre-Funding di Akhir Tahun Ini, Ekonom: Momentum yang Tepat

Maybank masih bullish terhadap rupiah dalam jangka menengah, terutama jika Bank Indonesia memangkas suku bunga beriringan dengan Federal Reserve. "Ini akan membantu minat investor atas obligasi negara Indonesia," ungkap para analis Maybank.

Rupiah hari ini menguat bersama dengan yen Jepang, dolar Taiwan, ringgit Malaysia, won Korea, dolar Hong Kong, serta baht Thailand.

Sedangkan peso Filipina, rupee India, yuan China, dan dolar Singapura melemah terhadap the greenback.

Indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia sore ini menguat ke 100,71 dari posisi kemrin di 100,56. Dalam sepekan, indeks dolar terpantau stabil.

Selanjutnya: Apakah Benar Cumi Mengandung Kolesterol? Temukan Faktanya di Sini

Menarik Dibaca: 6 Buah yang Paling Bagus untuk Asam Lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati