Rusia gelar latihan militer melibatkan 400 pesawat tempur saat tetangga bergejolak



KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Rusia mengadakan latihan militer untuk menguji kesiapan tempurnya di tengah bentrokan antara sekutunya Azerbaijan dan pasukan Armenia. Hal ini dikatakan Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Sabtu (18/7) seperti dilansir Reuters.

Kemenhan Rusia menggambarkan latihan-latihan itu sebagai pemeriksaan rutin kapasitas tentara untuk memastikan keamanan di wilayah barat daya Rusia. Latihan militer Rusia tersebut melibatkan sekitar 150.000 tentara dan 400 pesawat tempur.

Baca Juga: Kenapa Armenia dan Azerbaijan sering berperang sejak 1991? ini 4 hal penyebabnya

Lebih selusin tentara Armenia dan Azeri telah terbunuh dalam beberapa hari terakhir dalam bentrokan antara dua bekas republik Soviet yang telah lama berselisih mengenai pemisahan Azerbaijan, terutama wilayah etnik Armenia di Nagorno-Karabakh.

Rusia yang memiliki pangkalan militer di Armenia telah mendesak kedua pihak untuk menghentikan tembakan dan menahan diri. Kremlin juga menyatakan Moskow siap bertindak sebagai mediator.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan Sakir Hasanov dari Azerbaijan membahas bentrokan tersebut melalukan sambungan telepon pada hari Sabtu.

Baca Juga: Strategi keluarga-keluarga kaya dunia menghasilkan banyak uang saat pasar jatuh

Kedua pihak saling menuduh menembaki target militer dan desa-desa, dan Azerbaijan telah memperingatkan Armenia bahwa mereka dapat menyerang stasiun tenaga nuklir Metzamor jika reservoir Mingechavir atau outlet strategis lainnya terkena.

Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengatakan pada hari Sabtu Azerbaijan merupakan ancaman bagi negaranya dan keamanan global, mengatakan ancaman untuk menyerang salah satu stasiun tenaga nuklirnya adalah "ancaman untuk melakukan terorisme".

Rusia menganggap Armenia sebagai mitra strategis di wilayah Kaukasus Selatan dan memasoknya dengan senjata.

Editor: Noverius Laoli