Rusia Hancurkan Kapal Perang Terakhir Ukraina dengan Rudal



KONTAN.CO.ID - Pada Rabu (31/5/2023), Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa pasukannya telah menghancurkan kapal perang terakhir Ukraina dua hari lalu di pelabuhan Odesa dalam serangan rudal.

"Kapal perang terakhir angkatan laut Ukraina, Yuriy Olefirenko, dihancurkan saat berlabuh di pelabuhan Odesa," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov dalam pengarahan harian tentang perang tersebut.

Melansir Reuters, dia mengatakan kapal itu telah dihantam dengan "senjata presisi tinggi" - frasa yang dia gunakan untuk mengartikan rudal - pada 29 Mei, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Tanggapan Ukraina


Oleh Chalyk, juru bicara angkatan laut Ukraina, mengatakan dia tidak akan menanggapi pernyataan apa pun yang dibuat oleh Rusia. Angkatan Laut Ukraina tidak akan mengungkapkan informasi apa pun tentang kerugian selama perang, tambahnya.

Pejabat Ukraina mengatakan pada hari Senin bahwa Rusia telah melumpuhkan lima pesawat dalam serangan terhadap sasaran militer di Ukraina barat dan menyebabkan kebakaran di pelabuhan Laut Hitam Odesa dalam serangan udara berat pada Senin pagi.

Baca Juga: Ukraina: Rencana Perdamaian Kami adalah Satu-Satunya Cara untuk Mengentikan Perang

Reuters tidak dapat memverifikasi akun medan perang dari kedua sisi secara independen.

Kementerian pertahanan Rusia juga mengatakan pada hari Rabu bahwa pasukannya telah mendorong unit militer Ukraina keluar dari posisi di sekitar permukiman Krasnohorivka dan Yasynuvata di wilayah Donetsk timur Ukraina, yang diklaim Moskow telah dianeksasi.

Kementerian itu mengatakan "pertempuran sengit" berlanjut di sekitar Avdiivka, sebuah kota besar yang terletak di antara dua permukiman, yang sebagian besar telah rata dengan tanah selama pertempuran berbulan-bulan.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie