Rusia sukses lakukan uji coba 4 rudal balistik antarbenua dari kapal selam



KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Sebuah kapal selam nuklir Rusia pada hari Sabtu (12/12/2020) berhasil melakukan uji coba dengan menembakkan empat rudal balistik antarbenua. Langkah ini dilakukan untuk menunjukkan kesiapan pasukan nuklir Moskow di tengah ketegangan dengan AS.

AP melaporkan, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa kapal selam Vladimir Monomakh dari Armada Pasifik meluncurkan empat rudal Bulava secara berurutan dari posisi bawah air di Laut Okhotsk. Hulu ledak tiruan mereka mengenai sasaran yang ditentukan di tempat latihan tembak Chiza di wilayah Arkhangelsk di barat laut Rusia, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Vladimir Monomakh adalah salah satu kapal selam nuklir kelas Borei baru yang masing-masing membawa 16 rudal Bulava dan dimaksudkan sebagai inti dari komponen angkatan laut kekuatan nuklir negara selama beberapa dekade mendatang. Kapal selam lain dari jenis yang sama melakukan peluncuran serupa berupa empat rudal Bulava pada tahun 2018 - demonstrasi mahal dari efisiensi penangkal nuklir negara yang meniru kondisi konflik nuklir besar.


Peluncuran rudal hari Sabtu menyusul dilakukannya latihan pasukan nuklir strategis Rusia pada hari Rabu. Sebagai bagian dari manuver tersebut, kapal selam nuklir Rusia melakukan latihan peluncuran rudal balistik antarbenua dari Laut Barents, sebuah ICBM berbasis darat. 

Baca Juga: Begini kemampuan jet tempur Sukhoi Su-57 baru Rusia yang bakal meluncur 2022

Rudal-rudal tersebut diluncurkan dari fasilitas Plesetsk di barat laut Rusia dan pembom strategis Tu-160 dan Tu-95 menembakkan rudal pada target uji.

Rusia telah memperluas latihan militernya dalam beberapa tahun terakhir di tengah ketegangan dengan Barat karena hubungan yang kian memburuk ke posisi terendah pasca-Perang Dingin setelah pencaplokan Semenanjung Krimea Ukraina oleh Moskow pada 2014.

Baca Juga: Ini 4 kapal perang baru yang siap bergabung dengan Angkatan Laut Rusia

Melansir AP, rangkaian peluncuran rudal dilakukan kurang dari dua bulan sebelum perjanjian kendali senjata New START AS-Rusia berakhir pada awal Februari. Moskow dan Washington telah membahas kemungkinan perpanjangannya, tetapi sejauh ini gagal mengatasi perbedaan mereka.

START baru ditandatangani pada tahun 2010 oleh Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev. Ini membatasi setiap negara tidak lebih dari 1.550 hulu ledak nuklir yang dikerahkan dan 700 rudal dan pembom yang dikerahkan, dan membayangkan inspeksi di tempat untuk memverifikasi kepatuhan.

Setelah Moskow dan Washington menarik diri dari Perjanjian Pasukan Nuklir Jarak Menengah 1987 tahun lalu, New START adalah satu-satunya kesepakatan kendali senjata nuklir yang tersisa antara kedua negara yang masih berlaku.

Para pendukung kontrol senjata telah memperingatkan bahwa masa berlakunya akan menghapus pemeriksaan apa pun pada pasukan nuklir AS dan Rusia, yang merupakan pukulan bagi stabilitas global.

Selanjutnya: Latihan nuklir, Putin pimpin langsung peluncuran rudal dari darat, laut, udara

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie