Saban tahun, pertumbuhan bisnis Tokopedia tembus 300%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tokopedia mengaku sudah biasa bersaing dengan para pebisnis sejenis kala berkiprah di bisnis e-commerce. Makini banyaknya pemain bisa menjadi kesempatan bagi perusahaan ini untuk berkembang dan mengembangkan ekonomi digital.

"Banyak UMKM baru yang lahir dengan bergabung di Tokopedia. 70% penjual di Tokopedia adalah mereka yang baru merintis usaha, bukan mereka yang dahulunya sudah memiliki toko offline kemudian beralih ke online," kata William Tanuwijaya, CEO Tokopedia, Selasa (25/9).

Sejak awal berdiri, Tokopedia sudah bersaing dengan raksasa-raksasa teknologi seperti Ebay, Rakuten, 11street hingga Rocket Internet yang kala itu menurutnya mempunyai modal lebih besar. Namun, dengan konsep yang dijalankan Tokopedia saat ini, ia yakin UKM lokal bisa bersaing di tengah derasnya persaingan pelaku ecommerce. Syaratnya adalah si pelaku UMKM sudah go online.

Lantaran fokus ke pengembangan bisnis UMKM yang bertindak sebagai mitra Tokopedia, maka bisnis perusahaan ini terus melaju. Dan malah Tokopedia bisa menjadi salah satu pemimpin e-commerce di bisnis marketplace di Indonesia.

"Tokopedia saat ini memiliik 4 juta penjual dengan 80 juta pengguna setiap bulannya. Dari tahun ke tahun pertumbuhan pengguna Tokopedia naik 300%, untuk target kedepannya dari 80 juta pengguna, kami optimistis bisa terus meningkat mencapai 100 juta pengguna dalam waktu dekat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon
TAG: