Saham Adani Group Anjlok Pasca Skandal Keterlibatan Ketua SEBI



KONTAN.CO.ID - BENGALURU. Saham perusahaan Adani Group anjlok pada Senin setelah Hindenburg Research menuduh kepala regulator pasar India memegang investasi dalam fund offshore yang juga digunakan grup tersebut menggelapkan dana.

Perusahaan andalan miliarder Gautam Adani, Adani Enterprises anjlok hampir 5%, sementara Adani Ports, Adani Total Gas, Adani Green, Adani Power, Adani Wilmar dan Adani Energy Solutions anjlok antara 3% dan 8%.

Mengutip dokumen whistleblower, Hindenburg mengatakan Ketua Securities and Exchange Board of India (SEBI) Madhabi Puri Buch dan suaminya memegang saham dalam fund offshore di sejumlah besar uang diinvestasikan oleh rekan-rekan Vinod Adani, saudara laki-laki Gautam Adani.


Baca Juga: Petinggi Pengawas Pasar Modal India Dituduh Ikut Kelola Dana Gelap Adani Group

Pada Minggu, Buch mengatakan semua persyaratan pengungkapan telah diikuti dan investasi dalam dana yang dirujuk dalam laporan Hindenburg dilakukan pada tahun 2015 dalam kapasitas pribadi, dua tahun sebelum ia bergabung dengan SEBI.

Adani Group pada hari Minggu juga membantah tuduhan tersebut dan mengatakan struktur kepemilikan luar negerinya sepenuhnya transparan.

"Di bawah Buch, regulator pasar telah mengambil banyak langkah untuk melindungi sentimen investor ritel. Namun tuduhan yang muncul selama akhir pekan telah mengguncang kepercayaan pasar, yang dapat berdampak pada sentimen investor ritel," kata Anita Gandhi, pendiri dan kepala bisnis institusional di Arihant Capital Markets.

Pada Januari 2023, Hindenburg merilis laporan yang menuduh penggunaan surga pajak yang tidak tepat dan manipulasi saham oleh Adani Group, yang menyebabkan kejatuhan harga saham. Adani Group telah membantah semua tuduhan tersebut dan saham telah pulih sebagian.

Tuduhan tersebut menyebabkan penyelidikan SEBI, yang masih berlangsung.

Baca Juga: Taipan Gautam Adani Wariskan Tongkat Kepemimpinannya Awal Tahun 2030

Editor: Avanty Nurdiana