Saham Asia Anjlok, Minyak Melanjutkan Kenaikan di Tengah Risiko Timur Tengah



KONTAN.CO.ID - Bursa saham Asia merosot pada hari Rabu (2/10), mengikuti penurunan tajam Wall Street setelah serangan rudal balistik Iran ke Israel memicu kekhawatiran akan konflik regional yang lebih luas.

Sementara harga minyak mentah terus naik karena risiko gangguan pasokan.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Memanas di Tengah Meningkatnya Serangan di Timur Tengah


Melansir Reuters, Indeks Nikkei Jepang turun 1,5% pada pukul 0022 GMT. Sementara KOSPI Korea Selatan merosot 1,3% dan indeks acuan Australia kehilangan 0,3%.

Indeks MSCI yang paling luas untuk saham Asia-Pasifik turun sekitar 0,5%.

Indeks Hang Seng Hong Kong belum dibuka setelah libur pada hari Selasa. Pasar China daratan ditutup untuk liburan Golden Week yang berlangsung seminggu.

Perdagangan di Taiwan dihentikan karena adanya topan.

Baca Juga: Tensi Geopolitik Menguat, Ini Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham dari BNI Sekuritas

Kini, para investor beralih ke aset yang lebih aman, mendorong imbal hasil obligasi Treasury AS turun di waktu Asia. Sedangkan harga emas mendekati rekor tertinggi sepanjang masa.

Dolar yang dianggap sebagai aset aman diperdagangkan mendekati level terkuatnya dalam tiga minggu terhadap euro.

Faktor makroekonomi juga menguatkan dolar, dengan pasar tenaga kerja AS yang resilien mendukung kemungkinan pemotongan suku bunga Federal Reserve yang lebih kecil pada bulan November, dan tren inflasi zona euro mendukung pelonggaran dari Bank Sentral Eropa bulan ini.

“Dalam rangkaian potensi kejutan volatilitas pasar, geopolitik biasanya lebih mendominasi dibandingkan ekonomi, pendapatan perusahaan, atau respons bank sentral - sebagian besar karena sebagian besar pelaku pasar kurang mampu memprediksi risiko di sekitar peristiwa ini,” kata Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone.

Baca Juga: Taiwan Shut Down, Topan Krathon Semakin Mendekat

“Walaupun peristiwa ini biasanya berakhir dengan cara yang positif untuk pasar, risiko tail yang bisa muncul jelas signifikan,” tambah Weston.

“Situasi tetap cair, dan sedikit saja ketenangan atau peningkatan agresi dalam retorika dari Israel atau Iran dapat menghasilkan dampak besar pada sentimen pasar.”

Iran mengatakan pada awal Rabu bahwa serangan rudalnya terhadap Israel telah selesai, kecuali ada provokasi lebih lanjut, meskipun Israel dan AS berjanji akan membalas.

Di tempat lain, Kontrak berjangka minyak Brent naik lebih dari 1% menjadi US$74,33 per barel, memperpanjang kenaikan 2,5% dari hari Selasa.

Sementara itu, kontrak berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik 1,3% menjadi US$70,73 per barel, setelah reli 2,4% pada hari Selasa.

Harga emas sedikit turun 0,16% menjadi US$2.658,63 per ons troi, setelah lonjakan lebih dari 1% pada sesi sebelumnya yang mendekatkannya ke rekor tertinggi bulan lalu di US$2.685,42.

Baca Juga: Harga Emas Antam Melonjak Rp 12.000 Jadi Rp 1.464.000 Per Gram Pada Hari Ini (2/10)

Imbal hasil obligasi US Treasury tenor 10 tahun turun 1,5 basis poin (bps) menjadi 3,7278%.

Indeks dolar, yang melacak mata uang AS terhadap euro dan lima rival utama lainnya, stabil di 101,21 setelah sempat mencapai 101,39 pada hari Selasa, level tertinggi sejak 19 September.

Mata uang bersama Eropa sedikit berubah di $1,1070 setelah penurunan 0,6% pada sesi sebelumnya, ketika menyentuh $1,1046 untuk pertama kalinya sejak 12 September.

Data zona euro pada hari Selasa menunjukkan inflasi turun di bawah target 2% ECB bulan lalu, memperkuat spekulasi untuk pemotongan suku bunga seperempat poin pada 17 Oktober.

Sementara itu, data AS semalam menunjukkan ekonomi yang solid, sehari setelah Ketua The Fed Jerome Powell menanggapi dengan skeptis kemungkinan pemotongan suku bunga 50 basis poin lainnya saat bank sentral AS bertemu bulan depan.

Baca Juga: Arab Diambang Perang: Israel Berjanji Iran Akan Membayar Serangan Rudal

Peluang kerja secara tak terduga meningkat pada bulan Agustus setelah dua penurunan bulanan berturut-turut, tetapi perekrutan menunjukkan kelemahan yang konsisten dengan melambatnya pasar tenaga kerja.

Data penggajian swasta akan dirilis nanti pada hari Rabu, menjelang angka non-farm payroll bulanan yang mungkin sangat penting pada hari Jumat.

Politik AS juga akan menjadi sorotan, saat Demokrat Tim Walz dan Republikan JD Vance berhadapan dalam debat calon wakil presiden pada hari Rabu.

Selanjutnya: Simak 4 Tanda Regulator Gas Rusak untuk Antisipasi Kebocoran Gas

Menarik Dibaca: Simak 4 Tanda Regulator Gas Rusak untuk Antisipasi Kebocoran Gas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto