Saham Asia Mulai Rontok Satu per Satu



TOKYO. Pergerakan saham-saham Asia hari ini tak sekuat kemarin. Hampir seluruh saham-saham menunjukkan sinyal penurunan. Kekhawatiran akan resesi global yang semakin mendalam membuat laba perusahaan akan semakin tergerus. Dan ini dialami mulai dari perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan hingga elektronik.

Pada pukul 10.00 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific Index mengalami penurunan 1,6% menjadi 86,67. Sementara indeks acuan Nikkei 225 terperosok 1,7% menjadi 8.521,14. Sejumlah saham di Australia dan Korea Selatan juga bernasib sama.

Macarthur Coal Ltd hari ini langsung terjun bebas sebesar 20%. Hal ini terjadi setelah perusahaan ekspor batubara lebur terbesar dunia ini memangkas prediksi laba dan mengumumkan adanya pemangkasan jumlah karyawannya.


Sementara itu, Posco yang merupakan produsen baja ketiga terbesar Asia terpeleset 2,7% setelah harian Nikkei merilis Toyota Motor Corp akan meminta untuk diturunkannya harga baja sebesar 30% untuk tahun yang dimulai pada April.

Selain itu, Sony Corp juga mengalami kondisi serupa dengan penurunan 3,1% setelah Credit Suisse Group menurunkan peringkatnya. Pihak Sony bilang, peringkat perusahaannya memang telah diturunkan oleh Cerdit Suisse dari “neutral” menjadi “underperform”.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie