Saham Asia Naik, Nikkei Menguat Tipis



TOKYO. Bursa Asia Pasifik dan Bursa Tokyo pada transaksi pagi ini masih berada di posisi yang labil. Betapa tidak, pada pukul 10.14 waktu lokal, MSCI Asia Pacific Index mengalami penguatan tipis sebesar 0,4% menjadi 83,95. Kondisi serupa juga dialami oleh indeks acuan Nikkei 225 hanya mampu naik 0,3% menjadi 8.417,80.

Di Korea Selatan, indeks Kospi juga melonjak 1,2%. Sementara, indeks S&P/ASX 200 Index hanya berhasil naik 0,6% di Sydney.

Beberapa pendorong kenaikan indeks dipicu oleh melonjaknya harga saham sejumlah perusahaan elektronik. Sebut saja Hynix, yang merupakan produsen memory chip komputer kedua terbesar dunia. Hynix meroket 8,9% setelah pihak kreditor mengatakan akan menggelontorkan kembali pinjaman sebesar 800 miliar won atau US$ 556 juta.


Jika dilihat, MSCI Asian index menunjukkan performa yang terburuk dalam sejarah indeks dua dekade terakhir. Harga saham terus merosot seiring dengan krisis kredit global yang membuat negara AS, Eropa dan Jepang terpuruk di jurang resesi. Hal inilah yang kemudian menurunkan permintaan ekspor dari negara-negara Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Didi Rhoseno Ardi