Saham Bank-Bank Besar Memerah di Sesi I Perdagangan Rabu (16/10)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan saham-saham perbankan, terlebih bank berkapitalisasi besar (big caps) tercatat kompak turun pada sesi perdagangan pertama, Rabu (16/10). Ini terjadi menjelang pengumuman keputusan rapat dewan gubernur (RDG) Bank Indonesia yang akan menentukan arah suku bunga acuan siang ini.

Seperti diketahui, secara konsensus, BI diprediksi bakal menahan tingkat suku bunga acuannya pada bulan ini. Di mana, pada bulan sebelumnya, BI telah memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin.

Di kalangan bank big caps, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) tercatat mengalami penurunan yang paling dalam. 


Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham DSNG, ESSA, CPIN dan BBNI untuk Perdagangan Rabu (16/10)

Bank berlogo pita emas ini terkoreksi 1,06% dari hari sebelumnya menjadi Rp 6.975 per saham.

Untuk BMRI, pergerakan sahamnya di pekan ini menjelang penetapan suku bunga BI cenderung fluktuatif. Sebab, kemarin, BMRI ditutup menguat 1,81%.

Selanjutnya, ada PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang juga ikut memerah pada sesi perdagangan pertama hari ini. Bank swasta terbesar di tanah air ini terkoreksi 0,47% dari hari sebelumnya menjadi Rp 10.575 per saham.

Hanya saja, koreksi yang terjadi BBCA di  sesi pertama hari ini kemungkinan besar adanya aksi profit taking. Sebab, pada pekan ini, BBCA sedang mengalami tren penguatan dengan rata-rata naik 1,9% per hari.

Tak ketinggalan, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) juga mencatatkan koreksi tipis 0,45% dari hari sebelumnya. Kini harga BBNI berada di level Rp 5.474 per saham.

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham BMRI, MAPI, HRUM dan ERAA untuk Rabu (16/10)

Adapun, nasib BBNI pun setara dengan BBCA yang pada pekan ini sejatinya sedang dalam tren penguatan. Dalam dua hari terakhir, rata-rata penguatan ada di kisaran 1,2%.

Satu-satunya bank big caps yang tercatat mengalami kenaikan di sesi pertama adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Bank yang dekat dengan wong cilik ini tercatat sahamnya naik 0,20% menjadi Rp 4930 per saham.

Kenaikan harga yang terjadi di sesi pertama ini melanjutkan tren hijau dari hari sebelumnya. Kemarin, BBRI ditutup menguat 0,41%.

Selanjutnya: Harga Pangan Terkini di Sumatra Utara, 16 Oktober 2024: Cabai Rawit Merah Naik 10%

Menarik Dibaca: Enggak Ada Hujan, Ini Proyeksi BMKG Cuaca Besok (17/10) di Jawa Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi