Saham Beralih ke Geely, Volvo Alih Strategi Jualan



JAKARTA. Paulus B Suranto, Chief Executive Officer (CEO) PT Indobuana Autoraya (PT Ibar), memastikan beralihnya saham Volvocars Swedia dari Ford ke Geely Automobile tidak akan berdampak pada penjualan Volvo di Indonesia. Saat ini, PT Ibar adalah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Volvo di Indonesia.

Catatan saja, kini Geely, resmi menguasai saham Volvocars Swedia dari Ford. Di Indonesia, Geely adalah produsen mobil Cherry QQ. Proses akuisisi Volvo dari Ford ke Geely sebetulnya tuntas akhir 2009 setelah melewati proses panjang. Namun, baru pada medio Maret 2010 Geely menyiapkan dana akuisisi yang disepakati US$ 2 miliar.

Paulus memastikan, Volvo akan terus ekspansi. Salah satunya, dengan mendatangkan mobil langsung dari Swedia, yang sebelumnya dari Thailand. "Ini merupakan bagian strategi baru penjualan Volvo di Indonesia," kata Paulus, akhir pekan lalu.


Dengan melakukan penjualan dalam bentuk ready to order, konsumen bisa memesan model Volvo yang beredar di dunia, seperti XC90 dan S80 bermesin V8 atau berkapasitas hingga 3.200 cc, juga model-model Volvo lainnya seperti tipe V (V50, V60, V70), serta Volvo yang telah dilengkapi dengan paket R-Design.

Tahun ini, Volvo akan memasukkan model-model baru seperti SUV XC60 dan sedan S60. XC60 awalnya akan dipasarkan 2009, namun karena baru tersedia versi 3.200cc, rencana tertunda jadi tahun ini, sambil menunggu mesin 2.000cc tersedia. "Jika memaksa mesin di atas 3.000cc harganya bisa Rp 1,3 miliar," kata Paulus. Dengan mesin lebih kecil, harga XC60 bisa di bawah Rp 1 miliar.

Tahun lalu sedan New Volvo S60 tak tersedia di dealer cukup lama akibat produksi di Swedia tertunda. Meski mengaku masih berhitung harga sedan berkapasitas mesin 2.000cc itu, Paulus memastikan sedan itu hadir tahun ini. "Sekitar kuartal III 2010 sudah meluncur," katanya.

Tak hanya Volvo, PT Garuda Mataram Motor (PT GMM) juga makin agresif bermain di pasar sedan premium kelas 2.000cc. Pekan lalu, ATPM Audi itu meluncurkan A6 3.000cc dan 2.000cc, banderol masing-masing Rp 953 juta dan Rp 690 juta off the road.

PT GMM menargetkan menjual 40 unit sedan tersebut tahun ini. "Kami berharap kontribusinya bisa 20% dari total target penjualan Audi tahun ini yang dipatok minimal 200 unit," ujar Gunadi Sinduwinata, Presiden Direktur PT Indomobil Sukses Internasional, tempat PT GMM bernaung.

Belum ada keterangan dari Mercy. Produk Manager PT Mercedes-Benz Indonesia Dhani M. Yahya, enggan menjawab pertanyaan KONTAN. Selama 2010, penjualan sedan premium terbilang seret. Dari Januari hingga Februari total penjualan sedan keluaran Volvo baru satu unit yakni Volvo S80 berkapasitas mesin 2.400cc. Sedang Audi menjual tiga unit A4, satu unit A8, dan satu unit TT. Adapun Mercy dengan andalannya C-Class di medium class menjual total 163 unit selama 2010.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test