Saham Horizon Robotics Melonjak 28,3% dalam Debut Perdagangan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham Horizon Robotics (9660.HK) mengalami lonjakan sebesar 28,3% dalam debut perdagangannya pada hari Kamis setelah perusahaan pembuat kendaraan otonom asal Tiongkok ini berhasil mengumpulkan US$696 juta dalam penawaran umum perdana (IPO) terbesar tahun ini di Hong Kong.

Perusahaan menjual 1,355 miliar saham dengan harga HK$3,99 per saham, sesuai dengan pengajuan yang diajukan.

Sahamnya mulai diperdagangkan pada harga HK$5,12 per saham, sementara Indeks Hang Seng (.HSI) mengalami penurunan 0,9% di awal sesi perdagangan.


Saham Horizon Robotics menjadi yang paling banyak diperdagangkan berdasarkan volume pada awal perdagangan.

Baca Juga: Dampak Kejatuhan Credit Suisse, Swiss Kehilangan Daya Tarik bagi Dunia Keuangan

Kinerja IPO Terkait

IPO Horizon Robotics ini melampaui penawaran yang dilakukan oleh China Resources Beverage (2460.HK), yang minggu lalu berhasil menyelesaikan penjualan saham baru senilai US$650 juta.

Selain itu, ini merupakan IPO terbesar di sektor teknologi di Hong Kong sejak SenseTime Group (0020.HK) mengumpulkan US$740 juta pada akhir 2021.

Saham Horizon Robotics melesat setelah China Resources Beverage mengalami kenaikan 15% dalam debutnya di Hong Kong pada hari Rabu.

Harapan Baru bagi Pasar IPO Hong Kong

Kinerja positif ini memberikan harapan bagi para pembuat kesepakatan bahwa sentimen negatif terhadap IPO di Hong Kong dalam dua tahun terakhir, akibat volatilitas pasar keuangan dan suku bunga global yang tinggi, mulai mereda.

Menurut data Dealogic, volume penjualan saham baru di Hong Kong, sebelum IPO China Resources Beverage dan Horizon Robotics, berada di tingkat terendah dalam dua dekade terakhir.

Baca Juga: Apple Bakal Tambah Investasi di China

Permintaan Tinggi dari Investor

Investor ritel mengajukan penawaran hampir 34 kali lipat dari jumlah saham yang ditawarkan dalam IPO Horizon Robotics, sementara bagian institusi terisi 14 kali lipat, sesuai dengan pengajuan yang diajukan.

Dari IPO tersebut, Horizon Robotics memiliki kapitalisasi pasar implisit sebesar US$6,7 miliar.

Selanjutnya: Sri Mulyani Optimalkan Aset Negara untuk Kantor Kementerian Baru Kabinet Prabowo

Menarik Dibaca: Hujan Guyur Wilayah Ini, Cek Ramalan Cuaca Besok (25/10) di Jawa Barat

Editor: Handoyo .