Saham Jepang Bangkit Setelah Aksi Jual Terbesar Sejak Black Monday 1987



KONTAN.CO.ID - TOKYO. Bursa saham Jepang bangkit tajam dalam perdagangan pagi pada hari Selasa (6/8), setelah aksi jual harian terbesar sejak aksi jual Black Monday 1987 pada sesi sebelumnya.

Nikkei menguat 9,4% pada 34.416,32 pada jeda tengah hari. Sementara Topix yang lebih luas naik 9,3% pada 2.434,21.

Indeks Nikkei terakhir naik 2.957,9 poin setelah naik lebih dari 3.000 poin di awal sesi, melampaui kenaikan poin intraday terbesar yang pernah tercatat.


Baca Juga: Warren Buffett Punya Uang Kas Sekitar Rp 4.481 Triliun, Ini Komentar Elon Musk

Indeks acuan anjlok 12,4% pada hari Senin (5/8) dalam kinerja terburuknya sejak kejatuhan Oktober 1987.

Investor terguncang oleh kejatuhan pasar saham global minggu lalu, risiko resesi AS, dan kekhawatiran investasi yang didanai oleh yen yang murah akan dibatalkan.

Khoon Goh, kepala penelitian Asia di ANZ, mencatat bahwa Nikkei juga bangkit kembali dalam berbagai tingkatan setelah tiga kali sebelumnya mengalami penurunan dua digit, termasuk setelah krisis keuangan global pada tahun 2008 dan gempa bumi Tohoku pada tahun 2011.

"Namun butuh waktu lama sebelum Nikkei bangkit kembali dari semua kerugian itu," katanya.

Baca Juga: Bursa Saham Jepang Rebound Tajam Selasa (6/8) Setelah Penurunan Terbesar Kemarin

Dari 11 Juli hingga penutupan hari Senin (5/8) di level 31.458,42, Nikkei telah kehilangan 113 triliun yen (US$792 miliar) dari nilai pasar puncaknya.

Keruntuhan hari Senin menjadi "pengingat bahwa hampir mustahil untuk mendiversifikasi risiko ekuitas berdasarkan wilayah (atau berdasarkan sektor atau gaya) selama koreksi besar atau pasar yang lesu," kata Stephen Dover, kepala strategi pasar dan pimpinan Franklin Templeton Institute di Franklin Templeton.

"Peluang akan muncul, tetapi menurut pandangan kami, masih terlalu dini untuk mengambil tindakan pada titik ini."

Pada hari Selasa ini, kenaikan harga yang besar dipimpin oleh saham teknologi besar seperti saham terkait chip Tokyo Electron, naik lebih dari 16%, dan Advantest, naik 14,5%.

Saham investor rintisan yang berfokus pada AI, SoftBank Group, melonjak 9,3%.

Baca Juga: Bursa Jepang Rebound 8% Selasa (6/8) Pagi; Pasar Asia Lainnya Juga Dibuka Pulih

Pemutus sirkuit dipicu beberapa kali sebelum dan selama sesi pagi, yang menyebabkan penangguhan sementara perdagangan berjangka Topix dan Nikkei.

Minggu lalu, Bank of Japan (BOJ) menaikkan suku bunga ke level yang belum pernah terlihat dalam 15 tahun, sebuah langkah agresif yang menurut para analis juga membuat pasar takut terutama mengingat kekhawatiran akan kemungkinan resesi AS.

"Pasar khawatir (BOJ) akan melakukan pengetatan terlalu cepat," kata Kenji Abe, kepala strategi di Daiwa Securities.

BlackRock Investment Institute mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka melihat "risiko lebih besar dari salah langkah kebijakan BOJ" dan sedang meninjau posisi kelebihan berat badan mereka di Jepang.

Editor: Yudho Winarto