Saham perbankan menjadi primadona hari ini



JAKARTA. Secara year-to-date (ytd) saham-saham keuangan mengalami kenaikan tertinggi dibandingkan dengan sektor lainnya. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), sektor keuangan atau finance secara ytd hingga hari ini menguat hingga 10,42%.

Pada perdagangan hari ini, sektor keuangan merupakan salah satu sektor yang menghijau. Hal ini terjadi setelah Bank Indonesia (BI) mengumumkan bahwa suku bunga acuan tetap di level 7,5%. Adapun, kenaikannya sektor keuangan pada transaksi hari ini sebesar 0,08%.

Saham empat bank besar masuk ke dalam daftar saham dengan nilai transaksi tertinggi hari ini. Keempat saham itu adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). Saham BBRI ditransaksikan paling tinggi hari ini dengan nilai Rp 290 miliar.


Angka ini setara dengan 6,1% dari total transaksi hari ini. Tak pelak, saham BBRI ditutup menguat 0,29% ke level Rp 8.700 per saham. Kemudian, BBCA ditransaksikan hingga Rp 193 miliar atau naik 4,1% dari total nilai transaksi hari ini.

Namun, nampaknya, transaksi itu diwarnai aksi jual sehingga saham BBCA ditutup turun 0,49% menjadi Rp 10.250 per saham. Kemudian, saham BMRI ditransaksikan senilai Rp 142 miliar atau 3% dari total nilai transaksi.

Sedangkan nilai transaksi BBNI sebesar Rp 132 miliar. Kedua saham bank BUMN ini menguat masing-masing sebesar 0,28% dan 0,12%. Saham BMRI ditutup di level Rp 9.000 per saham dan BBNI di posisi Rp 4.315 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri