KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten-emiten sektor media masih memiliki prospek bisnis yang cerah dalam beberapa waktu mendatang. Hal ini didukung oleh gencarnya strategi diversifikasi segmen bisnis yang dilakukan oleh emiten bersangkutan. Analis Mandiri Sekuritas Kresna Hutabarat menyampaikan, emiten-emiten media pelan tapi pasti mulai memetik hasil dari pengembangan bisnis berbasis digital. Ambil contoh, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN, anggota indeks Kompas100) yang berhasil mencetak pertumbuhan pendapatan sebesar 15,50% (yoy) menjadi Rp 4,25 triliun di semester I-2019 lalu. Baca Juga: China balas ancaman AS, IHSG terancam koreksi
Meski kontribusinya masih tergolong rendah, pendapatan MNCN dari segmen iklan digital melesat 318,98% (yoy) menjadi Rp 326,21 miliar di paruh pertama tahun ini. Bisnis digital juga masih terus dikembangkan oleh MNCN. Terbaru, emiten ini menjalin kerja sama dengan iQiyi, platform video asal China yang merupakan anak usaha Baidu. Sementara itu, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA, anggota indeks Kompas100) juga masih mampu mempertahankan pertumbuhan positif kinerjanya. Pendapatan emiten ini di semester pertama lalu naik 6,97% (yoy) menjadi Rp 2,76 triliun. Sayangnya, laba bersih perusahaan tergerus 7,34% menjadi Rp 782,48 miliar.