Saksikan, gelaran otomotif GIIAS akan hadir 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD City



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Rangkaian GIIAS 2019 The Series akan berlanjut setelah sebelumnya menuntaskan penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2019 pada 7 April lalu.  The 27th GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 akan hadir pada 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD City.

Mengusung tema Future in Motion, yang diartikan sebagai sebuah gerakan pengaruh teknologi pada kendaraan listrik, otonom, dan digital, GIIAS 2019 akan menampilkan transformasi teknologi dari industri otomotif melalui beragam program sepanjang penyelenggaraan pameran.

Menjelang penyelenggaraannya di bulan Juli, GIIAS 2019 mengadakan pre-event yang bertajuk GIIAS TALK X BLIBLI.COM, “Empowering Automotive New Ideas”.


Kegiatan ini  menjadi tempat berkumpulnya para pelaku dan pencinta otomotif yang dirangkum dalam format talkshow. Talkshow yang berlangsung pada 29 Juni 2019 ini akan mengangkat topik-topik hangat diindustri otomotif dengan narasumber terpercaya.

“GIIAS adalah inspirasi teknologi otomotif, dan GAIKINDO ingin agar penyelenggaraan GIIAS dapat menjadi ajang yang memberikan informasi, edukasi, dan manfaat bagi masyarakat Indonesia, oleh karena itu kami harapkan program GIIAS Talk dapat memberikan inspirasi serta membangkitkan ide-ide terbaru dalam berkarya di bidang otomotif.” Tutur Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO, dalam siaran pers, Minggu (30/6).

Dunia Otomotif dan Perkembangan Digital

GIIAS Talk mengajak komunitas untuk lebih mengenal dunia otomotif dengan mengupas perkembangan  dunia otomotif  dari berbagai sudut.

Dari mata seorang Paralympic Athlete M.Fadli misalnya, seorang Atlet membutuhkan ketekunan dan semangat pantang menyerah. Karirnya dimulai dari sebagai atlit otomotif, hingga kejadian naas saat ia sedang dipucuk kemenangan tidak menjatuhkan semangatnya untuk terus berjuang dan mencoba cabang olah raga lain.

”Titik balik buat saya adalah saat saya memutuskan untuk meneruskan karir saya sebagai atlet, tidak menyerah dan membuka peluang lewat cabang olah raga baru yang dapat dibilang sama menantangnya dengan cabang olahraga yang saya geluti sebelumnya,” tutur Fadli.

Kecintaannya terhadap otomotif tidak hilang dan membuat dia tetap bertahan dan terus membuktikan diri. Ia pun terus menyemangati dan memberi motivasi untuk para penggiat otomotif harus bisa jeli melihat berbagai peluang.

Peluang besar datang dari perkembangan dunia digital, yang ternyata memberikan berbagai dampak positif bagi dunia Otomotif. Baik itu dari sisi media online berbasis otomotif maupun pertumbuhan komunitas otomotif online, hingga jual beli produk otomotif secara online.

Menurut Hartono Sufi Chief Marketing Officer Modifikasi.com, media berbasis komunitas memberikan ruang tersendiri untuk para anggota komunitas otomotif khususnya untuk terus berkembang.

“Komunitas otomotif terus berkembang dari masa kemasa, mulai dari bentuk, tujuan, dan cara berkomunikasinya. Saat ini media online merupan wadah paling efektif bagi komunitas otomotif mencari informasi dan saling berkomunikasi,” ungkapnya.

Menurutnya dunia otomotif memiliki banyak peluang untuk menumbuhkan potensi berkarya baru. Kunci untuk terus berkembang adalah harus bisa jeli melihat perubahan yang terjadi agar bisa mengimbangi kebutuhan informasi penggiat dunia otomotif.

Tidak hanya dari sisi komunitas saja, dunia digital kini bersinergi dengan industri otomotif untuk memberi konsumen otomotif pengalaman yang menyeluruh ketika mereka mencari dan membeli produk-produk otomotif, mulai dari spare parts hingga kendaraan bermotor.

Lay Ridwan Gautama Senior Vice President Trade Partnership Blibli.com mengatakan sebagai mal online, Blibli.com menjadi platform yang melengkapi pengalaman pelanggan saat membeli produk otomotif.

Melalui Blibli.com, para pelanggan bisa memeriksa harga, membandingkan spesifikasi dan mendapatkan penawaran khusus yang akan membantu mereka dalam membuat keputusan untuk membeli. Kini telah hadir juga teknologi 360 derajat dan virtual reality (VR) yang memungkinkan para pelanggan untuk merasakan fitur inovatif yaitu virtual test drive.

Permintaan informasi tentang otomotif yang cepat, tepat dan akurat juga membuka banyak peluang bagi para content creator, dan menjadikannya menjadi salah satu profesi yang banyak dicari orang di era digital ini.

Menurut Fitra Eri, yang dikenal masyarakat digital sebagai reviewer otomotif dengan jumlah follower fantastis ini, pekerjaan content creator menjadi salah satu pekerjaan impian bagi banyak orang karena dinilai cukup mudah, padahal pada kenyatannya untuk “memenuhi” keinginan para viewers tidak jarang para content creator dipaksa untuk berfikir kreatif dan out of the box.

Menurut dia dengan semakin berkembangnya teknologi otomotif semakin banyak bagian yang bisa dibahas. “Jangan hanya review kendaraan dari performanya saja namun dari teknologi yang hadir dalam kendaraan itu,” paparnya.

Fitra Eri mengatakan perkembangan otomotif di Indonesia sejalan dengan tema GIIAS 2019 yaitu Future in Motion. ”Kendaran mulai berkembang menuju ke fase yang lebih mengedepakan teknologi dan digital,” jelasnya.

GAIKINDO Dukung Perkembangan otomotif Indonesia

Perkembangan industri otomotif ada dalam kecepatan penuh, dimana saat ini efek kehadirannya sudah dapat dirasakan,berbagai teknologi canggih yang dibenamkan diberbagai jenis kendaraan adalah masa depan otomotif yang dengan cepat menjadi bagian masyarakat pecinta otomotif Indonesia.

Dijelaskan oleh Kukuh Kumara sekretaris Umum GAIKINDO, bahwa industri otomotif Indonesia memberikan dukungan penuh untuk pemerintah dalam program percepatan pengembangan kendaraan listrik. Sejumlah pelaku industri otomotif di Indonesia, telah melakukan proyek percontohan untuk kendaraan listrik.

“Pertumbuhan penggunaan kendaraan berbasis EV ini sangat bergantung pada pasar Indonesia, permintaan dapat tumbuh bila penawaran kendaraan EV dapat bersaing dengan kendaraan konvensional,” ujar Kukuh.

Ia juga menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur pendukung dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) atau charging station yang membutuhkan waktu juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi.

Sementara perkembangan teknologi kendaraan semakin canggih dan ramah lingkungan, termasuk teknologi bahan bakar. Hal ini memungkinkan kendaraan Internal Combustion Engine (ICE) menggunakan bahan bakar yang tidak berasal dari fosil, yang saat ini ketersediaannya semakin menipis.

Indonesia juga sudah menjadi bagian dari pergerakan ini dengan rencana pemerintah mengembangkan teknologi bahan bakar minyak ramah lingkungan (green fuel), bahan bakar yang berasal dari sumber daya alam nabati, yakni sawit, dari sisi bahan baku penggunaan bio fuel tersebut sangat memungkinkan, karena beberapa daerah di tanah air merupakan penghasil sawit terbesar di dunia.

“Pengembangan green fuel ini disambut baik oleh GAIKINDO. Pasalnya, ketersediaan beragam sumber green fuel di Indonesia, dan dari sisi spesifikasi mesin tidak perlu perubahan yang signifikan.” jelas Kukuh.

GAIKINDO mendukung perkembangan otomotif dan industri otomotif masa depan dan mengambil peran penting dalam perkembangan kemajuan industri tersebut, dan lewat penyelenggaraan GIIAS 2019, GAIKINDO berada dibarisan terdepat untuk memberikan informasi dan edukasi awal tentang berbagai inovasi dari industri otomotif, sehingga Indonesia siap menyambut perubahan positifnya.

The 27th GIIAS 2019 akan menampilkan total 20 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, JEEP, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota.

Lalu VW, Wuling. Serta 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, dari karoseri akan hadir Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

11 merek sepeda motor juga akan hadir mulai dari Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar. Sementara dari industri pendukung, lebih dari 300 merek telah mencatatkan komitmennya pada The 27th GIIAS 2019.   The 27th GIIAS 2019 yang akan dibuka secara resmi pada 18 Juli 2019, kembali mendapatkan dukungan penuh dari Astra Financial sebagai sponsor platinum.

Tahun ini GIIAS juga menggandeng Blibli.com sebagai sponsor exclusive e-commerce & online ticketing. Bersama Astra Financial dan Blibli.com GIIAS 2019 akan menjanjikan kemudahan dan keuntungan untuk para pengunjung.

Caranya adalah lewat program Pre-Sale tiket masuk GIIAS 2019 yang sudah berlangsung di laman Blibli.com sejak 18 Juni hingga 17 Juli 2019. Sepanjang program Pre-sale tiket GIIAS 2019 berlangsung, pengunjung akan mendapatkan potongan langsung harga tiket sebesar 10%, dan jika pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu Bank Permata dari Astra Financial,pengunjung akan mendapatkan tambahan potongan harga sebesar 10% lagi.

Dan yang paling menarik, dengan membeli Pre-sale tiket GIIAS 2019 di Blibli.com pengunjung berkesempatan untuk langsung mendaftar online untuk program test drive maupun test ride pada penyelenggaraan GIIAS 2019, penawaran ini hanya berlaku untuk pembelian online tiket di Blibli.com, jadi tidak boleh dilewatkan.

Setelah penyelenggaraan The 27th GIIAS 2019 di ICE, BSD City, GIIAS 2019 the series akan berlanjut dengan GIIAS Makassar, 11 – 15 September 2019, bertempat di Celebes Convention Center, dan ditutup di Medan, 23-27 Oktober 2019, di Santika Convention Center.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Azis Husaini