KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah sempat mengeluhkan kegagalan saat melakukan top up saldo, sejumlah pengguna dompet digital GoPay menyampaikan bahwa dana mereka akhirnya masuk ke akun pada Senin (4/8/2025) sore. Laporan keluhan mulai bermunculan sejak Senin siang, di mana sejumlah pengguna mengalami saldo rekening yang terpotong namun tidak tercermin di akun GoPay mereka. Salah satu pengguna, Martin (26), mengonfirmasi bahwa saldo miliknya telah kembali dan masuk ke akun GoPay sekitar pukul 15.30 WIB.
Pernyataan Resmi GoTo
Menanggapi banyaknya laporan dari pengguna, Head of Corporate Communications GoTo Financial, Audrey Petriny, membenarkan bahwa memang terjadi gangguan teknis yang berdampak pada sebagian pengguna GoPay. “Kami menginformasikan bahwa saat ini sedang terjadi gangguan, di mana beberapa pengguna mengalami saldo tidak ter-update setelah melakukan top up atau transfer,” kata Audrey dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (4/8/2025). Audrey menegaskan bahwa dana pengguna tetap aman dan tidak hilang. Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan memastikan bahwa tim teknis sedang bekerja untuk memperbaiki layanan. “Kami pastikan saldo pengguna aman dan tidak hilang. Tim kami tengah bekerja untuk segera mengatasi masalah ini dan memulihkan layanan secepat mungkin,” tambahnya. Audrey juga mengimbau agar pengguna hanya menggunakan kanal resmi GoPay jika membutuhkan bantuan lanjutan. Pengguna bisa mengakses Halaman Bantuan di aplikasi GoPay atau mengirim email ke customerservice@gopay.co.id. Audrey juga mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi penipuan yang mengatasnamakan GoPay di tengah situasi gangguan sistem.Layanan Top Up Mulai Normal Kembali
- Memastikan nomor tujuan sudah benar
- Memeriksa halaman “Riwayat Transaksi”
- Memastikan saldo tidak melebihi batas maksimal
- Menutup dan membuka kembali aplikasi GoPay
- Menunggu maksimal 2x24 jam hari kerja jika saldo belum masuk