Sambil Perkenalkan Pariwisata, Niantic Gelar Pokemon GO Safari di Jakarta



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi penggemar dan pemain Pokemon, Niantic, Inc The Pokémon Company, AKG Entertainment dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar kegiatan Pokemon GO City Safari: Jakarta. Acara tersebut diadakan di PIK Avenue dan Community Park PIK 2 pada 21 dan 22 September 2024.

Jakarta akan menjadi destinasi akhir dari rangkaian acara Pikachu’s Indonesia Journey. Sebelumnya, Pikachu telah mendarat dan berpetualang di Bali, Surabaya dan Yogyakarta pada paruh pertama 2024.

Vice President of Emerging Markets Niantic, Inc. Omar Tellez mengungkapkan, melalui Pokémon GO City Safari: Jakarta, pihaknya ingin mengajak pelancong domestik dan mancanegara untuk mengeksplor berbagai destinasi wisata nusantara. "Kami berharap, upaya ini dapat memberikan pengaruh positif terhadap ekonomi dan sektor pariwisata domestik," kata dia, dalam keterangannya, Sabtu (21/9).


Omar mengungkapkan. proyek ini bermula dari percakapan antara dirinya dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno tentang potensi kolaborasi di acara Pokémon Festival di PIK Mall 2022 silam. Sandiaga menyambut baik ajakan Omar, karena keduanya memiliki visi yang selaras untuk mendukung pariwisata di Indonesia. Acara dengan format serupa, yaitu Safari Zone terakhir kali diadakan di Asia Tenggara pada 2019, tepatnya di Singapura.

Terdapat lebih dari 30.000 pengunjung yang menghadiri Pikachu's Indonesia Journey di Bali, Surabaya dan Yogyakarta tersebut. "Menariknya, 90% dari total pengunjung berasal dari luar negeri dan 10% adalah wisatawan domestik. Tiga negara yang menyumbang pengunjung asing terbanyak adalah Amerika Serikat (AS), Taiwan dan Jepang,” ungkap APAC Lead of Emerging Market Niantic, Inc. Refael Siregar.

Baca Juga: Buat Pecinta Pokomen, Ini 3 Event Pokemon Go yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Refael mengatakan bahwa kehadiran wisatawan membuat bisnis lokal seperti hotel, restoran, dan toko-toko mengalami lonjakan pengunjung. Sehingga membantu menggerakkan roda perekonomian setempat.

“Pikachu's Indonesia Journey di Bali pada 2 dan 3 Maret lalu berhasil menyumbang pendapatan sebesar US$ 13,6 juta atau setara dengan Rp 212 miliar. Angka tersebut termasuk tambahan pajak sebesar US$ 1,4 juta, atau setara Rp 23,4 miliar,” ujar Refael.

Sebagai puncak acara, kali ini Pokémon GO City Safari: Jakarta menggelar berbagai petualangan. Yaitu Pikachu Dance Show, Pikachu Night Drone Show, Pikachu EDM, Pikachu Meet and Greet, dan Pikachu Parade. Selain itu, akan ada penampilan dari JKT48, Vidi Aldiano, dan Isyana Sarasvati di Pokémon Concert.

Pikachu berkemeja Batik merupakan Pokémon edisi spesial Indonesia pertama yang menonjolkan keunikan dan kompleksitas seni dari Batik. Pokémon GO City Safari: Jakarta akan menampilkan Pikachu dengan empat motif Batik yang merepresentasikan destinasi wisata Indonesia, yaitu Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

“Sejak kami memperkenalkan format City Safari tahun lalu, Jakarta akan menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang menyelenggarakan acara ini," kata Refael. Sebelumnya, Pokémon GO City Safari hadir di berbagai kota di seluruh dunia, termasuk Seoul, Barcelona, Mexico City dan Tainan.

Selanjutnya: Maju Mundur Subsidi BBM, Pemerintah Harus Jamin Distribusi Tepat Sasaran

Menarik Dibaca: Promo Trans Studio Tiket Murah Cuma Rp 100.000-an hingga 30 September 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian