Sambut Hari Kemerdekaan RI, Peritel Siapkan Diskon Serba 78



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Budihardjo Iduansjah mengatakan, menjelang hari kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus mendatang para pengusaha ritel yang tergabung dalam perhimpunan akan mempersembahkan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD-I). 

“Hippindo di bulan Agustus ini mengadakan HBDI ya itu singkatan, Hari Belanja Diskon Indonesia,” kata Budihardjo saat dihubungi Kontan, Senin (24/07). 

“Para peritel menyambut hari ulang tahun Indonesia dalam konteksnya ini diinisiasi oleh Hippindo di tahun 2017, meskipun sekarang sudah banyak peritel lain yang memakai konsep ini, tapi gak papa, ini milik kita bersama,” jelas dia.


Baca Juga: Hippindo: Sektor Ritel Paling Sepi Setelah Lebaran

Sebelumnya Matahari, (Perseroan; kode saham: LPPF), perusahaan ritel fesyen, footwear, kecantikan, dan gaya hidup terkemuka di Indonesia telah memperkenalkan peluncuran kampanye "Si Paling Indonesia" dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia pada Agustus nanti.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah Matahari menyediakan koleksi produk dari lebih dari 100 merek lokal dengan harga khusus yakni Rp 78.000 untuk koleksi batik, superhero lokal, dan busana bernuansa merah-putih, sebagai wujud kebanggaan akan Indonesia. Harga ini sesuai dengan umur Indonesia merdeka di tahun 2023, yaitu 78 tahun.

Budihardjo menambahkan program ulang tahun kemerdekaan Indonesia nanti akan menjadi program khusus pada peritel karena memang meningkatnya (penjualan) puncaknya terjadi di saat lebaran dan natal. 

“Maka masa-masa di antara dua hari besar ini, peritel mengadakan diskon-diskon lagi dengan konsep 78, sesuai dengan umur kemerdekaan Indonesia tahun 2023 ini yaitu 78 tahun,” ungkapnya. 

“Ya konsepnya kurang lebih 78 itu. Diskon 70-80 persen, kisaran 70-80 itu,” katanya.

Baca Juga: Hippindo Sebut Momen Lebaran Mengatrol Penjualan Ritel hingga 30%

Sementara untuk alasannya kata dia, di tengah masa datar (kurangnya revenue), momen ini bisa menjadi cara peritel menarik trafik.

“Kita ingin supaya ada konsumen yang balik ke mall. Meskipun mungkin yang diskon 70-80 persen gak semua barang, mungkin konsumen bisa beli barang lain, setidaknya mereka datang lah, mampir ke mall," jelasnya. 

Strategi ini ungkap dia biasa disebut sebagai strategi mix promotion. Sementara, Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD-I) akan dilaksanakan pada tanggal 14-15 Agustus mendatang atau dua hari sebelum hari kemerdekaan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .