KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan dana tunai selama momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 19,67 triliun. BTN juga memastikan jaringan kantor dan
super app bale by BTN juga beroperasi maksimal melayani nasabah pada libur akhir tahun ini. Corporate Secretary BTN Ramon Armando menjelaskan, alokasi tersebut setara dengan 1,09 kali rata-rata kas yang dipelihara Kantor Cabang BTN pada kondisi normal. Jumlahnya ditetapkan berdasarkan perhitungan bank atas kebutuhan uang tunai yang diproyeksikan akan meningkat selama musim liburan Nataru. “Kami berupaya untuk memastikan kesiapan uang tunai, jaringan kantor, dan bale by BTN dapat memenuhi kebutuhan nasabah di tengah meningkatnya mobilitas dan aktivitas ekonomi selama libur Natal dan Tahun Baru,” ujar Ramon di Jakarta, Senin (22/12/2025).
Baca Juga: BSN Resmi Beroperasi, Siap Jadi Katalisator Industri Perbankan Syariah Nasional Dari total dana tunai tersebut, BTN menganggarkan sebanyak Rp 6,82 triliun atau 35% dari total dana untuk pengisian mesin ATM BTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian sisanya, yakni sebesar Rp 12,85 triliun atau 65% dari total dana, dianggarkan untuk kas pada seluruh outlet BTN di berbagai daerah. Head of Central Operation Division BTN Fatoni Hudhori menambahkan, angka alokasi dana tunai sebesar Rp 19,67 triliun untuk Nataru tahun ini memang lebih rendah dibandingkan alokasi pada 2024, karena sejumlah faktor. Salah satunya lantaran Bank Indonesia sudah memproyeksikan kebutuhan uang tunai di perbankan yang lebih rendah secara nasional. BTN juga melihat tren transaksi non tunai dan digital belakangan lebih tinggi dibandingkan transaksi tunai. Maka dari itu, BTN ke depannya ingin meningkatkan transaksi non tunai. Selain itu, pada tahun 2024 terdapat kebutuhan uang tunai terkait Pemilu di Komisi Pemilihan Umum di tingkat pusat dan daerah. Itulah yang membuat kebutuhan uang tunai lebih tinggi tahun lalu. Fatoni bilang saat itu penyerapan dana tunai melebihi 80% dari alokasi bank. “Tahun ini harusnya tidak jauh berbeda,” katanya. Selama periode libur Nataru, BTN juga memastikan jaringan operasional cabang, ATM dan CDM, serta EDC tetap beroperasi melayani nasabah.
Baca Juga: BTN Targetkan Transaksi Digital Naik 30% pada Momen Libur Nataru Head of Sales & Distribution Division BTN Wiji Astuti memastikan, sebanyak 118 kantor cabang, 2 money changer, 8 digital store, 3.600 ATM dan CDM, 80.000 EDC beroperasi selama libur, serta 53.000 ATM Link terhubung untuk semua bank Himbara tanpa dipungut biaya. Secara rinci, jaringan cabang, money changer dan BTN digital store yang beroperasi selama libur Nataru adalah sebagai berikut: • Tanggal 25 Desember 2025: 31 outlet cabang, 2 money changer, 3 digital store • Tanggal 26 Desember 2025: 71 outlet cabang, 2 money changer, 3 digital store • Tanggal 27 Desember 2025: 3 outlet cabang, 2 money changer, 4 digital store • Tanggal 28 Desember 2025: 1 outlet cabang, 2 money changer, 5 digital store • Tanggal 1 Januari 2026: 12 outlet cabang, 2 money changer, 6 digital store Adapun operasional cabang BTN yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat dipastikan telah beroperasi seluruhnya. “Saat ini operasional cabang syariah (Bank Syariah Nasional) di Takengon, Aceh masih 80% dari normal karena pasokan listrik masih belum stabil. Namun, kami yakin dalam beberapa waktu ke depan akan segera kembali normal,” ujar Wiji. Untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan selama libur panjang akhir tahun, Head of Retail Funding Division Frengky R. Perangin-angin mengatakan, BTN mendorong penggunaan aplikasi bale by BTN yang dapat diakses kapan pun dan di manapun. Contact Center BTN, kata Frengky, juga siap merespon nasabah selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu untuk setiap pertanyaan dan keluhan. “BTN berkomitmen semua elemen baik IT dan produk hingga ke level cabang di semua daerah kami pastikan tetap
on (beroperasi) selama libur panjang. Kami sangat
confident semua ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Frengky. Untuk diketahui, Bale by BTN merupakan super app yang menyatukan berbagai fitur dan layanan transaksi perbankan untuk berbagai macam kebutuhan, baik untuk transfer dana, tarik tunai, pembelian dan pembayaran, maupun transaksi menggunakan QRIS. Nasabah dapat mengumpulkan bale poin dan menikmati promo-promo menarik lainnya yang tersedia melalui bale by BTN.
Sejumlah fitur lainnya yang juga tersedia di bale by BTN yakni layanan transaksi pembayaran utilitas publik seperti listrik, air, telepon, BPJS, serta pajak kendaraan dan pajak daerah. Nasabah juga dapat melakukan pembayaran angsuran pinjaman, tagihan internet serta TV berlangganan, pembelian pulsa, tiket pesawat, dan kereta api serta kereta cepat, dan berbagai transaksi lainnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News