Sambut Ulang Tahun DKI Jakarta, Begini Strategi Traveloka Bidik Wisatawan Domestik



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-496 DKI Jakarta, Traveloka memberikan solusi inspiratif untuk mendorong minat konsumen terhadap wisata lokal melalui program Crazy Sale Jakarta 2023. 

Berlangsung dari 22 - 28 Juni 2023, konsumen dapat merayakan HUT Jakarta dengan berbagai penawaran spesial dan potongan harga untuk beragam produk pilihan yang ada di DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. 

CEO of Transport, Iko Putera, menjelaskan wisatawan domestik memiliki peran yang krusial terhadap pertumbuhan industri pariwisata Indonesia. Untuk itu, Traveloka selalu menghadirkan solusi inovatif guna mendorong peningkatan minat konsumen terhadap wisata domestik terutama di Jakarta dan sekitarnya. 


Baca Juga: Indonesia Terpilih Sebagai Anggota Dewan Eksekutif UNWTO Periode 2023 - 2027

"Perayaan HUT DKI Jakarta yang ke-496 menjadi momentum tepat untuk membangkitkan wisata lokal. Harapan kami, kemajuan pariwisata lokal yang terintegrasi di daerah Jakarta dan sekitarnya dapat memicu dampak positif terhadap akselerasi perkembangan pariwisata lokal di daerah Indonesia lainnya,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (22/6).

DKI Jakarta memiliki beragam atraksi lokal yang dapat dinikmati bersama keluarga dan masih menjadi daerah tujuan wisata lokal favorit. Sepanjang 2022, destinasi wisata unggulan di Jakarta mencatat kenaikan signifikan jumlah pengunjung. 

Taman Impian Jaya Ancol menempati posisi puncak dengan 13,01 juta kunjungan wisatawan pada 2022 atau naik 3 kali lipat dibandingkan tahun 2021. 

Ragunan menempati peringkat kedua dengan 6,55 juta kunjungan atau naik 7 kali lipat tahun sebelumnya. Diikuti Monumen Nasional atau Monas di peringkat ketiga dengan 5 juta pengunjung.

Baca Juga: Traveloka Resmi Jadi Affiliate Member UNWTO guna Dorong Pariwisata Berkelanjutan

Novita Dewi, Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board) menyambut baik kehadiran program yang digelar oleh Traveloka. Ia bilang masih banyak atraksi wisata lokal di Jakarta dan sekitarnya yang bisa diakses lebih luas oleh masyarakat. 

"Kami berharap kehadiran Traveloka Crazy Sale Jakarta tidak hanya semakin meningkatkan animo masyarakat untuk mengunjungi atraksi lokal, namun juga mendorong terbukanya kolaborasi baru untuk pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta hingga turut berkontribusi dalam kemajuan pengembangan pariwisata lokal di daerah lain Indonesia,” tuturnya.

Berdasarkan data internal Traveloka, Jakarta merupakan salah satu dari tiga destinasi favorit di Asia Tenggara dalam melakukan perencanaan liburan sekolah di bulan Juni ini. Selain itu, Traveloka juga mencatat bahwa salah satu aktivitas pariwisata yang disukai oleh konsumen adalah menikmati atraksi lokal. 

Baca Juga: Sambut Momen Libur Sekolah, OYO Bagikan Diskon Menginap Hingga 70%

Atraksi wisata lokal merupakan salah satu alternatif berwisata tanpa perlu menyisihkan waktu panjang. Dengan melakukan pembelian tiket wisata lokal melalui Traveloka Xperience, konsumen dapat dengan mudah melakukan aktivitas wisata tanpa harus mengantre di loket. 

Untuk aktivitas yang dilakukan di DKI Jakarta, lini bisnis Xperience kami mencatat tempat-tempat wisata seperti taman bermain, pameran seni, serta waterpark menjadi aktivitas favorit para konsumen Traveloka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli