Sampai Akhir 2022, ACE Hardware Indonesia (ACES) Berencana Buka 15 Gerai Baru



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT ACE Hardware Indonesia Tbk (ACES) berencana membuka 15 gerai baru pada tahun ini. General Manager Marketing ACES, Yoelius Saputra menjelaskan, ACES melihat potensi yang besar untuk pasar home improvement dan lifestyle. Sementara itu, saat ini gerai ACES baru tersebar di 51 kota.

Atas dasar pertimbangan itulah, ACES berkeinginan untuk melanjutkan agenda ekspansi pembukaan gerai pada tahun ini. “(Lokasinya) akan diinformasikan saat akan mendekati pembukaan toko,” ujar Yoelius kepada Kontan.co.id (17/3).

Untuk mendanai ekspansi pembukaan gerai anyar, ACES menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) Rp 200 miliar tahun ini. Sumber pendanaannya direncanakan berasal dari kas internal.

Berdasarkan pemantauan Kontan.co.id di laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), ACES sudah merealisasikan pembukaan 4 gerai baru di sepanjang tahun berjalan 2022, setidaknya hingga 15 Februari 2022 lalu.

Baca Juga: Multistrada Arah Sarana (MASA) Optimistis Bisnis Ban Makin Menggelinding Tahun Ini

Gerai baru ACES di tahun 2022 dibuka pada 20 Januari 2022 lalu di Margorejo, Surabaya, Jawa Timur. Gerai tersebut memiliki luasan  sekitar 700 meter persegi.

Tidak berselang berapa lama, gerai baru kedua ACES di tahun 2022 dibuka pada 27 Januari 2022 lalu di  Buah Batu, Bandung, Jawa Barat. Gerai tersebut luasannya mencapai sekitar 1.300 meter persegi. 

Gerai ketiga baru ketiga ACES di tahun 2022 dibuka pada  9 Februari 2022. Lokasinya di Grand Depok City, Depok, Jawa Barat dengan  luasan sekitar 650 meter persegi. Sementara itu, gerai baru keempat di tahun 2022 dibuka pada 15 Februari 2022 di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Gerai tersebut memiliki luas sekitar 800 meter persegi.

“Dengan demikian, saat ini perseroan memiliki total 219 gerai,” tulis manajemen ACES dalam surat pemberitahuannya yang dimuat di keterbukaan informasi BEI (14/2).

Baca Juga: Argha Karya Prima (AKPI) Tetapkan Target Penjualan Rp 3 Triliun Tahun ini

Yoelius berujar, ACES berharap pembukaan gerai baru bakal berdampak positif terhadap kinerja ACES ke depannya. “(Dampaknya bagi kinerja ACES) Tergantung dari jadwal pembukaan toko, jika pembukaan di semester ke- 2, maka dampaknya belum signifikan di tahun ini,” tutur Yoelius.

Tahun ini, ACES memproyeksikan pertumbuhan penjualan 8%-10% dibanding realisasi tahun 2021 lalu. Strategi ACES untuk memoles kinerja beragam. 

Editor: Tendi Mahadi