Samsonite beli produsen tas mewah Tumi US$ 1,8 M



NEW YORK. Samsonite masih terus berekspansi. Kali ini, pilihannya jatuh pada produsen tas mewah Tumi, pesaingnya asal Amerika.

Pada hari ini (4/3), Samsonite menyatakan sepakat membeli Tumi dengan nilai mencapai US$ 1,8 miliar.

Didirikan pada 1970 oleh mantan pasukan perdamaian yang bekerja di Amerika Utara, Tumi sudah menjadi salah satu brand ternama bagi para pelancong. Travel bag dan tas jinjing Tumi ditawarkan seharga US$ 2.495.


Selain itu, Tumi juga menjual baju dan aksesoris seperti payung dan charger telepon.

Bagi Samsonite, produsen travel bag terbesar dunia, kesepakatan ini memberikan potongan besar di pangsa pasar travel bag dunia. Di sisi lain, Tumi akan mendapatkan keuntungan sebagai bagian dari operasi yang lebih besar dengan penyebaran produk yang lebih luas lagi.

"Kami akan memperluas distribusi Tumi mulai Asia hingga Eropa, dan memperkuat bisnis di Amerika Utara," jelas CEO Samsonite Ramesh Tainwala.

Pasca pengumuman ini, saham Tumi langsung meroket 30% menjadi US$ 26,20 di New York pada transaksi Kamis.

Sebelumnya, Samsonite sudah mengakuisisi sejumlah perusahaan lain seperti High Sierra, Hartmann, Lipault, dan Speck.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie