Samsung Bakal Bangun Pabrik Ponsel dan Handycam



JAKARTA. Tingginya penjualan pasar telepon seluler di Indonesia membuat PT Samsung Electronics Indonesia berencana membangun pabrik seluler. Bukan hanya itu, Samsung juga akan menginvestasikan dana untuk memproduksi handycam di Indonesia.

Untuk merealisasikan rencananya tersebut, PT Samsung akan menginvestasikan dana yang tidak sedikit. "Kemungkinan akan mencapai US$ 50 juta hingga US$ 100 juta," kata Ramon Bangun, Direktur Industri Telematika, Departemen Perindustrian (Depperin). Menurut Ramon, krisis yang menghantui pasar Amerika dan Eropa tidak membuat PT Samsung ketakutan untuk menginvestasikan dananya.

Ramon bilang, niat PT Samsung ini dilandasi oleh tingginya permintaan telepon seluler di Indonesia yang mencapai 20 juta unit setiap tahunnya. Apalagi, saat ini telepon seluler sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat global termasuk Indonesia. "Pasar Indonesia sangat menjanjikan karena penduduknya sangat banyak," tegasnya.Rencana investasi ini, menurut Ramon sudah disampaikan kepada Departemen Perindustrian pekan lalu. PT Samsung akan merealisasikan rencananya tersebut pada 2009. Perusahaan itu akan membangun pabriknya di Cikarang, Bekasi alias bersebelahan dengan pabrik lamanya.


Direktur Jenderal Industri Alat Transportasi dan Telematika Depperin Budi Darmadi membenarkan jika manajemen PT Samsung telah menyampaikan kabar tersebut kepadanya. "Semoga saja PT Samsung benar-benar merealisasikan rencana tersebut pada 2009," imbuhnya. telepon seluler dan handycam yang diproduksi PT Samsung ini rencananya untuk meramaikan pasar dalam negeri dan mancanegara.

Ketika di konfirmasi, Senior Marketing Manager PT Samsung Electronics Indonesia Didi Rahardja membenarkan rencana perusahaannya tersebut. "Memang rencana ini sedang dibicarakan di tingkat manajemen perusahaan," katanya. Namun, ia masih enggan berkomentar banyak tentang kabar tersebut. "Ini masih kajian, saya belum tahu banyak," paparnya.

Asal tahu saja, PT Samsung adalah perusahaan pembuat perangkat elektronika terbesar di dunia yang berkantor pusat di Seocho Samsung Town di Seoul, Korea Selatan. PT Samsung melakukan ekspansinya ke Indonesia pada Agustus 1991 dan selesai membangun pabriknya di Indonesia pada Juni 1992. Samsung juga berencana membangun pabrik telepon selulernya di Vietnam dengan investasi US$ 48 juta dengan 30 juta unit pada tahun depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: