Samsung kuasai 33% pasar mesin cuci domestik



JAKARTA. Sengitnya persaingan produk mesin cuci di Tanah Air, tak membuat para produsen ciut. Malah, saat ini berbagai merek di Indonesia berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk yang inovatif juga berteknologi mutakhir. Salah satu produsen elektronik asal Korea Selatan, PT Samsung Electronics Indonesia bahkan terbilang merajai produk mesin cuci di Indonesia.

Merujuk data yang dirilis GfK per November 2016, pangsa pasar Samsung mencapai 32,7%.

Michael Adisuhanto, Head of Product Marketing Home Appliances, Samsung Electronics Indonesia bilang, penetrasi mesin cuci di Indonesia sebesar 33%, masih rendah dibanding negara tetangga. "Potensinya besar, masih banyak potensi pasar mesin cuci di Indonesia," katanya, Kamis (5/1).


Rencananya, Samsung juga bakal merilis beberapa produk mesin cuci anyar. Sayang, Michael masih belum bisa membeberkan mengenai produk barunya. "Produk mesin cuci baru kami akan diperkenalkan di CES 2017," ujarnya.

Asal tahu saja, produk home appliances yang Samsung pasarkan adalah mesin cuci, lemari es, penyejuk ruangan (room air conditioning), microwave, dan vacuum cleaner. "Mesin cuci memberikan kontribusi yang cukup signifikan di produk peralatan rumah tangga," kata Michael.

Ia mengklaim, Samsung tak hanya menghadirkan mesin cuci yang menjawab kebutuhan dan gaya hidup konsumen saat ini, namun juga di masa mendatang. Mengusung konsep IOT yakni tren smart home dengan membenamkan fitur control pada mesin cuci terhubung dengan smartphone. "Kami percaya, saat ini smart home appliances sudah diminati oleh segmen tertentu dan akan menjadi tren di masa depan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini