Samsung rilis ponsel Galaxy Round layar melengkung



SEOUL. Produsen telepon seluler (ponsel) asal Korea Selatan, Samsung Electronics Co Ltd, resmi meluncurkan ponsel pintar (smart phone) dengan layar melengkung, Rabu (9/10).

Ponsel pintar yang disebut Galaxy Round itu, dilengkapi layar 5.7 inc (14,5 cm). Peluncuran ini dilakukan hanya beberapa hari setelah kompetitor Samsung, LG menyatakan akan memulai produksi ponsel layar melengkung di tahun depan.

Teknologi display digital ponsel telah berkembang ke arah layar melengkung. Baik Samsung dan LG sudah menawarkan ponsel layar melengkung diode (OLED) yang dilengkapi program televisi.


Samsung mengatakan, tampilan layar melengkung akan membantu konsumen menggunakan beberapa fitur di telepon, termasuk memungkinkan pengguna untuk memeriksa informasi seperti tanggal, waktu dan panggilan tak terjawab ketika layar awal tidak aktif dengan lebih mudah.

Pada saat yang sama, pengguna juga dapat mengubah trek musik di ponsel, bahkan saat layar ponsel dalam posisi off.

Untuk tahap awal, Galaxy Round hanya akan diluncurkan di negara asalnya, Korea Selatan. Samsung tidak memberikan indikasi rencana untuk peluncuran Galaxy Round secara global.

Pasar smartphone global telah berkembang pesat

Menurut perusahaan riset CCS Insight, di sepanjang tahun 2013, penjualan smartphone di seluruh dunia akan mencapai hampir satu miliar. Jumlah itu setengah dari prediksi total penjualan smartphone di tahun ini yang mencapai 1,7 miliar unit.

Besarnya penjualan tersebut, membuat para produsen smartphone bergairah untuk untuk menawarkan produk terbarunya demi meraih pelanggan.

Beberapa analis mengatakan, meski memberikan penawaran ponsel layar melengkung, kemungkinan penjualannya tidak terlalu besar. Segmen layar ponsel yang fleksibel menjadi salah satu alasannya.

"Ponsel ini mungkin tidak menjadi game-changer hari ini. Tetapi, mereka (Samsung) pasti melihat indikasi yang akan datang," kata Manoj Menon, Managing Director perusahaan konsultan Frost & Sullivan.

Editor: Dikky Setiawan