San Francisco Menjadi Tuan Rumah KTT APEC pada Tahun 2023



KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Kota San Francisco AS akan menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) tahun depan, kata Wakil Presiden Kamala Harris, di KTT APEC 2022 Bangkok yang berakhir Sabtu ini.

Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha, yang menjadi tuan rumah minggu ini, menyerahkan ketua APEC ke Amerika Serikat untuk tahun 2023, menandakan berakhirnya forum tahun ini.

"Saya dengan senang hati menyerahkan kepemimpinan kepada AS. Kami siap untuk melakukan kerja sama yang mulus dengan mereka," katanya, sambil menyerahkan "chalom", keranjang anyaman bambu yang digunakan untuk membawa barang dan hadiah di Thailand kepada Harris.

Baca Juga: KTT APEC di Thailand Diwarnai Aksi Unjuk Rasa

“Tahun tuan rumah kami akan menunjukkan komitmen ekonomi Amerika Serikat yang bertahan lama terhadap Indo-Pasifik,” kata Harris dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Gedung Putih.

Harris berasal dari Oakland, di seberang teluk dari San Francisco, dan sebelumnya menjabat sebagai senator AS untuk California dan sebagai jaksa agung untuk negara bagian.

Harris, yang memimpin delegasi AS pada pertemuan puncak di Bangkok, mengatakan: "Kami bekerja untuk memperkuat hubungan ekonomi kami di seluruh kawasan, termasuk dengan meningkatkan arus perdagangan dua arah dan arus modal bebas, yang mendukung jutaan orang Amerika. pekerjaan."

Pertemuan di kota California akan berlangsung pada minggu 12 November tahun depan, kata pernyataan AS.

Baca Juga: Jokowi: Dua Sektor Prioritas Ini Akan Jadi Pendorong Pemulihan Ekonomi Global

Dalam pernyataan terpisah, para pemimpin APEC mengatakan kelompok itu menyambut baik tawaran Peru untuk menjadi tuan rumah blok itu pada 2024 dan oleh Korea Selatan untuk menjadi tuan rumah pada 2025.

Dibentuk untuk mempromosikan integrasi ekonomi, 21 anggota APEC menyumbang 38% dari populasi global, dan 62% dari produk domestik bruto dan 48% dari perdagangan.

Editor: Handoyo .