Sandiaga: Jakarta setara kota metropolitan lain



JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sukses menggelar Jakarta Marathon Internasional 2013. Lomba lari yang dimulai dari halaman Monumen Nasional (Monas) itu berlangsung pada Minggu (27/10).

Sandiaga Uno, pengusaha muda yang dikenal menyukai olahraga lari, mengatakan kesuksesan pemda DKI Jakarta menyelenggarakan Jakarta Marathon membuat ibu kota Indonesia itu telah sama dengan kota-kota metropolitan di dunia.

“Ini pertama kali buat Jakarta menyelenggarakan Marathon. Sekarang, Jakarta setara dengan kota metropolitan di dunia yang menggelar Marathon,” kata Sandiaga.


Beberapa kota di dunia yang menyelenggarakan Marathon diantaranya, Melbourne Marathon, Boston Marathon, dan Singapore Marathon.

Menurut Sandiaga Uno, di saat mengikuti Marathon, pelari tidak hanya melakukan olahraga saja. Tetapi juga dapat melihat tempat-tempat pariwisata yang tersedia di kota penyelenggara.

“Olahraga ini mendorong gaya hidup sehat. Kita juga dapat berbagi kepada sesama. Selain itu, sambil berlari kita dapat melihat tempat-tempat wisata yang menarik dikunjungi,” tutur pemrakarsa komunitas Berlari Untuk Berbagi.

Pada penyelenggaraan tahun pertama Jakarta Marathon, panitia penyelenggara membagi ke dalam beberapa kelas. Kelas tersebut yakni, Full Marathon 42,195 km, Half Marathon 21 km, 10 K 10 km, 5 K 5 km, dan Maratoonz (Marathon untuk anak – anak berjarak 1,3 km).

Sandiaga Uno yang telah berpengalaman mengikuti lomba lari di beberapa negara berlari di kelas Full Marathon. Dia mengaku, membutuhkan waktu selama 16 minggu untuk mempersiapkan diri. "Saya sudah melakukan latihan selama 16 minggu. Semua pelari, tentunya ingin memberikan yang terbaik,” katanya.

Federasi Internasional Cabang Olahraga Atletik telah memberikan sertifikat grade A terhadap Jakarta Maratahon. (Tribunnews.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan