Sarana Mitra Luas (SMIL) Raih Peringkat A- dari Pefindo



 

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten persewaan forklift dan peralatan material handling, PT Sarana Mitra Luas Tbk (SMIL) mendapatkan peringkat A- dengan prospek stabil dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). 

Dalam laporan peringkat Pefindo yang dirilis 16 Agustus 2024, peringkat tersebut mencerminkan posisi pasar SMIL yang kuat dalam bisnis penyewaan forklift, margin laba yang kuat, dan profil keuangan yang kuat. 

"Peringkat perusahaan dibatasi oleh eksposur terhadap periode penagihan yang panjang dan persaingan yang ketat di industri," tulis analis Pefindo dalam laporannya. 


Peringkat dapat dinaikkan jika SMIL secara signifikan memperkuat posisi bisnisnya, dibuktikan dengan pertumbuhan pendapatan dan EBITDA yang kuat, dengan tetap mempertahankan profil keuangan yang kuat. 

Baca Juga: Kondisi Keuangan Sehat dengan Prospek Pasar Kuat, Pefindo Kerek Peringkat SIG

Namun peringkat dapat diturunkan jika kinerja operasional melemah atau jika SMIL menambah utang lebih tinggi dari ekspektasi untuk membiayai belanja modal tanpa dikompensasi oleh prospek bisnis yang lebih kuat. 

Asal tahu saja, obligor dengan peringkat idA memiliki kemampuan yang kuat dibandingkan obligor Indonesia lainnya untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya.

Meski demikian, kemampuan obligor mungkin akan mudah terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi dibandingkan obligor dengan peringkat lebih tinggi.

Sementara itu, tanda kurang pada peringkat SMIL menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan.

Selanjutnya: Simak Rekomendasi Saham Kalbe Farma (KLBF) di Tengah Prospek Kinerja Positif

Menarik Dibaca: Cara Memilih Casing HP yang Baik agar Ponsel Terlindungi dan Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari