KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan mulai putar otak agar dapat lebih banyak menjaring nasabah, khususnya di segmen milenial. Salah satu upayanya, antara lain dengan merelokasi dan merevitalisasi kantor cabang. Ambil contoh, PT Bank Mandiri Tbk yang tahun ini berniat untuk menambah tiga kantor cabang khusus bernuansa digital atau hype branch. Terbaru, perseroan memperkenalkan hype branch di Ground Floor Mal Senayan City, Jl. Asia Afrika Lot.19 pada Rabu (11/3). Kantor yang merupakan re-layout cabang eksisting itu merupakan wujud nyata penyesuaian tampilan fisik. Baca Juga: Selangkah lagi, KB Kookmin Card akuisisi 80% saham KreditPlus
Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan pihaknya bakal memperkenalkan sedikitnya 4 (empat) hype branch di seluruh Indonesia, satu cabang di Bali tepatnya di KCP Kuta Sunset Road yang sudah diresmikan bulan Januari 2020, dan dua cabang lagi di Jakarta. Hingga akhir tahun ini, ada dua lokasi yang menjadi incaran Bank Mandiri di Jakarta, yaitu Pondok Indah Mall dan Plaza Indonesia. Alasan revitalisasi kantor cabang ini menurut Hery disebabkan oleh ekspektasi nasabah saat ini terbentuk dari tren global, teknologi baru dan inovasi-inovasi penawaran produk dan layanan kepada nasabah. Hal tersebut mempengaruhi bagaimana nasabah menentukan pilihan, termasuk produk dan layanan perbankan serta layanan finansial lainnya. Pun selain menambah hype branch, bank bersandi saham BMRI ini juga berniat untuk menambah beberapa kantor cabang lagi. Hanya saja, menurutnya jumlahnya tidak akan banyak. "Ada hanya beberapa cabang. Kami lebih fokus pada peningkatan produktivitas cabang dari pada menambah jumlah cabang baru," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (12/3).